Skip to main content

Punya produk atau jasa? iklankan di Brobali saja, cek contohnya klik disini. Lihat Syaratnya disini

×

Hanya Dengan 50.000 Kamu Bisa Menikmati Wisata-Wisata Populer di Karanganyar Ini

Karanganyar merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Magetan d Jawa Timur, di Karanganyar sendiri sebenarnya terdapat banyak tempat wisata keren yang bisa kita kunjungi.

Tempat wisata di Karanganyar lebih didominasi wisata alam, nah bagi kamu yang memiliki low budget, hanya dengan membawa uang Rp.50.000 saja kamu sudah bisa menikmati tempat wisata-tempat wisata populer di Karanganyar loh, apa saja tempat wisata tersebut? Yuk kita simak.



Rumah Atsiri Indonesia


rumah atsiri

Rumah Atsiri Indonesia adalah Kompleks edu rekreasi dengan fasilitas MICE yang berlokasi di Plumbon, tawangmangu. Objek wisata satu ini merupakan hasil restorasi dari bekas pabrik Citronella Indonesia-Bulgaria tahun 1963 yang kini bertransformasi menjadi tempat wisata.

Banyak sekali aktivitas menarik yang di tawarkan di Rumah Atsiri Indonesia antara lain Tour Aromatic Garden melihat koleksi puluhan jenis tanaman atsiri, jelajah musium essential oil, menikmati sajian restoran dengan cita rasa khas atsiri, aneka workshop yang akan menghidupkan jiwa scientist kita.

Di Aromatic Garden (Taman Koleksi) Rumah Atsiri Indonesia, pengunjung bisa menikmati pemandangan taman bunga yang indah dan berwarna-warni serta dapat melihat lebih dari 80 jenis tanaman penghasil minyak atsiri dari Indonesia dan mancanegara yang masing-masing tanamannya memiliki cerita,aroma dan karakteristiknya masing-masing.

Jika ke Rumah Atsiri Indonesia jangan lupa singgah ke Rumah Atsiri Museum, museum yang baru saja di buka untuk umum ini menawarkan cerita sejarah minyak atsiri yang dapat di runut hingga 2.000 SM. Di Rumah Atsiri Museum pengunjung dapat melihat cerita perjalanan minyak atsiri sejak pertama kali di temukan dan penyebarannya keseluruh dunia, terutama Indonesia.

Sebelum bertolak pulang dari Rumah Atsiri Indonesia luangkan waktu untuk mengunjungi Rumah Atsiri Shop, disini tersedia berbagai souvenir khas Rumah Atsiri Indonesia untuk mengenang kunjungan anda atau untuk memberikan hadiah bagi orang terdekat anda. Adapula beragam pilihan minyak atsiri  dan produk turunannya seperti Essential Oil dan Aromatic Oil dapat anda temukan di Rumah Atsiri Essence.

Pengunjung cukup membeli voucher senilai 50.000, dimana voucher tersebut dapat pengunjung gunakan untuk masuk kedalam Aromatic Garden dan Museum Rumah Atsiri.

Lokasi Rumah Atsiri Indonesia sangat mudah di jangkau hanya dengan mengetik Rumah Atsiri Indonesia di aplikasi Google Map anda. Mau tau lebih banyak tentang Rumah Atsiri Indonesia, langsung saja cek Instagramnya @rumahatsiri.



Candi Cheto

foto candi cheto karanganyar
halaman di candi cheto. foto : lylle_nabs

Candi Cheto merupakan salah satu komplek candi yang terletak di lereng Gunung Lawu, tepatnya berada di ketinggian sekitar 1496 Mdpl, uniknya arsitektur di kawasan Candi Cheto lebih mirip Pura daripada Candi, terlebih lagi kita harus menggunakan kain untuk bisa memasuki kawasan Candi.

Di kawasan Candi Cheto terdapat banyak sekali bangunan yang menyerupai gubug, tak hanya itu, disini juga terdapat patung patung yang bentuknya menyerupai alat reproduksi pria, selain di Candi Cheto, kita juga bisa menemukan patung unik tersebut di Candi Sukuh yang terletak tak jauh dari lokasi Candi Cheto.

Candi Cheto memiliki pemandangan dan arsitektur yang sangat indah, objek wisata Candi Cheto juga termasuk dalam daftar candi indah di Jawa Tengah, selain sebagai tempat wisata Candi Cheto juga tak melupakan fungsi utamanya yaitu sebagai tempat ibadah umat hindu. Untuk masuk ke kawasan tempat wisata Candi Cheto kita hanya perlu membayar tiket sekitar Rp.7.000/orang saja, cukup murah bukan?





Candi Sukuh

foto candi sukuh karanganyar jawa tengah
bangunan yang katanya mirip di luar negeri. foto : bobadsa

Tak jauh dari Candi Cheto terdapat sebuah tempat wisata candi lainnya yang tak kalah populer, yaitu Candi Sukuh, karakteristik dari Candi Sukuh adalah bentuknya yang menyerupai bangunan luar negeri milik Suku Maya di Meksiko.

Komplek Candi Sukuh memang tidak terlalu besar, disini kita akan menemukan satu bangunan yang paling mencolok dengan bentuk menyerupai piramida namun ujungnya datar, itulah bangunan Candi Sukuh, untuk bisa berkeliling di Candi Sukuh kita hanya perlu membayar tiket sekitar Rp.7.000/orang saja, harga tiket ini sama dengan Candi Cheto karena dibawah pengelolaan yang sama juga.




Air Terjun Jumog

foto air terjun jumog karanganyar
keren ya. foto : bonpato38

Selain wisata sejarah berupa Candi, di Karanganyar juga terdapat wisata alam berupa air terjun, salah satu air terjun keren di Karanganyar adalah Air Terjun Jumog, tempat wisata ini terletak satu kawasan dengan Candi Sukuh dan Candi Cheto jadi cukup mudah untuk menemukannya.

Air terjun Jumog memang tidak terlalu tinggi, namun pemandangan yang ditawarkan dari objek wisata ini sangat indah lho, bahkan lokasi air terjun ini memiliki julukan “Surga yang Hilang di Karanganyar”.

Keunggulan air terjun Jumog adalah pengelolaan dan fasilitasnya, untuk pengelolaan bisa dibilang cukup profesional, ditambah lagi fasilitas penunjang disini juga cukup memadai, seperti terdapatnya gazebo untuk istirahat, jalan yang sudah ditata rapi, tempat permainan anak dan tentunya warung makan.

Untuk bisa melihat keindahan “ Surga yang Hilang” ini kita tidak perlu membayar mahal-mahal, cukup sekitar Rp.5000/orang saja kita sudah bisa merasakan segarnya aliran air dan indahnya pemandangan alam di Air Terjun Jumog.




Gerojogan Sewu

foto cewek di air terjun gerojogan sewu
kelihatan megah banget. foto : rina_hastin

Satu lagi air terjun di Karanganyar yang tak boleh kamu lewatkan, yaitu Gerojogan Sewu, sebuah air terjun yang sudah menjadi ikon wisata Kabupaten Karanganyar ini memang patut kita kunjungi, selain karena suasananya yang nyaman, Gerojogan Sewu juga memiliki pemandangan yang indah.

Hutan Wisata Alam Grojogan Sewu memiliki luas 20 Ha. Kawasan hutan ini banyak ditumbuhi berbagai jenis pohon hutan dan dihuni oleh sekelompok kera jinak, jadi selain melihat keindahan air terjun kita juga bisa melihat kera-kera berkeliaran diatas pohon. Untuk bisa melihat megahnya air terjun Gerojogan Sewu kita hanya perlu membayar sekitar Rp.15.000/orang saja.



Kebun Teh Kemuning

foto kebun teh kemuning
ini sih seger banget pemandangannya. foto : sheptikasherly

Bagi kamu yang mencari tempat wisata untuk nyantai, maka Kebun Teh Kemuning bisa menjadi pilihanmu, disini kita bisa melihat pemandangan hamparan tanaman teh menghijau sejauh mata memandang, ditambah lagi udaranya yang segar menjadikan kita betah berlama-lama disini.

Kerennya lagi untuk menikmati sejuknya udara dan indahnya pemandangan di Kebun Teh Kemuning kita tidak perlu membayar tiket, cukup membayar parkir (jika ada) kita sudah bisa sepuasnya berkeliling atau bersantai di kawasan Kebun Teh Kemuning ini.

baca juga :
daftar tempat wisata di Karanganyar yang harus kamu kunjungi



Bagaimana guys? Ternyata kita hanya perlu membawa uang Rp.50.000 saja untuk bisa menikmati daftar tempat wisata keren diatas tadi loh, harga tersebut terbilang murah untuk tempat wisata yang memiliki fasilitas lengkap.
Jadi kapan kamu berkunjung kesana?

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar