Skip to main content

HTM, Jam Buka Eling Bening Ambarawa Terbaru + Rute & Lokasi

rumah pohon di eling bening

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan wisata di pusat Kota Semarang seperti Lawang Sewu, Sam Poo Kong, hingga Masjid Agung Jawa Tengah. Ya, wisata di Kota Semarang memang lebih didominasi oleh wisata sejarah dan religi.

Nah, apabila kamu sudah bosan dengan jenis wisata tersebut, kini saatnya kamu beralih ke daerah Kabupaten Semarang, tepatnya di sekitar Ambarawa.

Di Ambarawa terdapat sebuah tempat wisata yang sangat cepat menarik minat wisatawan untuk datang mengunjunginya, nama wisata tersebut adalah Eling Bening.


Apa yang Menarik di Eling Bening ?

pemandangan di eling bening
pemandangan di eling bening. foto : @yudha_ook_hermanto 

Eling Bening sebenarnya adalah sebuah Restoran yang mengusung konsep wisata keluarga.

Jadi selain sebagai tempat makan, Eling Bening juga menjadi salah satu tempat wisata unggulan di Ambarawa. Objek wisata seluas kurang lebih 10 hektar ini terletak tak jauh dari Rawa Pening.

Eling Bening menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dengan view utama Rawa Pening dengan background Gunung Merbabu, Andong dan Telomoyo yang terlihat gagah berdiri.

Wisata yang dibuka pada tahun 2015 ini dalam sekejap menarik banyak pengunjung dengan keindahan panoramanya tersebut.

Tak hanya makan saja, ternyata ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan disini, mulai dari bermain outbond, trekking, hunting foto hingga mandi di kolam renang.

eling bening spot foto naga
spot perahu naga. foto IG @ilhamrifandy_

Foto di atas merupakan salah satu spot yang paling populer di objek wisata ini bernama spot perahu naga.

Dengan berbagai macam fasilitasnya, tak heran jika Eling Bening kini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Kabupaten Semarang.

Lokasinya yang berada di dataran tinggi menjadikan udara di kawasan Eling Bening cukup sejuk, terutama di pagi dan sore hari.

Setiap harinya tempat wisata Semarang satu ini tak pernah sepi dari pengunjung, terutama kalangan anak muda yang mencari pemandangan alam indah sebagai background fotonya.

eling bening
kolam renang di eling bening. foto : @rahmatwibowo029

Bahkan tak jarang Eling Bening menjadi pilihan wisatawan sebagai tempat foto prewedding mereka dan juga untuk menggelar pesta pernikahan.

Tak cuma kalangan anak muda saja, para pecinta fotografi juga datang kesini untuk berburu foto keren.

Selain itu, Eling Bening juga bisa menjadi salah satu pilihan tempat wisata keluarga dan wisata romantis ketika kamu berkunjung ke Semarang.

Puas berburu foto, kini saatnya kita memanjakan perut. Seperti sudah dijelaskan di atas, Eling Bening merupakan sebuah Restoran dengan konsep wisata yang cukup lengkap.

Tempat wisata kece ini menawarkan berbagai menu khas Indonesia dengan harga yang cukup terjangkau kok.

Kerennya lagi, tiket masuknya bisa kita tukarkan dengan minuman loh. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari objek wisata Ambarawa ini.

Sepertinya pengelola ingin menarik wisatawan agar tidak cuma berburu foto saja, tapi juga mencoba makanan di Restoran mereka.

Nah, dengan banyaknya keunggulan dan fasilitas dari objek wisata Eling Bening tersebut, apakah sudah membuatmu tertarik?

foto eling bening ambarawa
suasana di bawah restoran. foto : @davidnuryahya

Jadi kapan kamu berkunjung ke Eling Bening?


FASILITAS
Musholla
Toilet
Tempat Parkir
Spot Foto
Restoran
Gazebo
Taman
Playground (Anak dan Dewasa)
Outbond
Camp Ground
Kolam Renang
Gardu Pandang
Meeting Room 9(kapasitas 40 orang)
Stage Ceremonial and Shows
Archery Area (Olahraga Panahan)
Hill Tracking Area
Wedding Party
Flying Fox
Rumah Pohon
Dan masih banyak lagi


Harga Tiket Masuk Eling Bening (HTM):
Tiket masuk di Eling Bening cukup terjangkau kok, kita perlu membayar Rp.25.000/orang untuk dapat menikmati berbagai fasilitas spot fotonya.

Parkir:
Motor Rp.5.000
Mobil Rp.10.000
Bus Rp.20.000

INFO HTM
Weekdays
Weekend
Rp.25.000
Rp.30.000
Parkir Motor Rp.5.000
Parkir Mobil Rp.10.000
Parkir Bus Rp.20.000


Jam Buka :
Eling Bening buka setiap hari mulai pukul 09:00 pagi hingga pukul 22:00 WIB

Kontak :
085 7295 65656

Web:
elingbening.com


Akomodasi (Penginapan)
Bagi kamu yang ingin menginap, di kawasan Eling Bening sudah terdapat lokasi camp ground yang bisa kita gunakan untuk berkemah.

Atau, jika kamu ingin mencari lokasi lain, kamu bisa mencari hotel di daerah Ambarawa dan Bandungan.





Dimana Lokasi Eling Bening? :

Eling Bening terletak di Jalan Raya Bawen – Ambarawa, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.
  • 36 Km dari pusat Kota Semarang melalui Jl. Semarang – Surakarta (58 menit)
  • 16 Km dari pusat Kota Salatiga melalui Jl. Nasional 16 (32 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Rute Menuju Eling Bening Ambarawa

Akses menuju Objek wisata ini bisa dibilang cukup mudah, kamu bisa mengikuti rute di bawah ini :


#Dari Kota Semarang
Dari pusat Kota Semarang kamu tinggal mengikuti rute Semarang – Tembalang – Gombel – Ungaran – Bawen – Ambarawa – Eling Bening.

Setelah kamu sampai di pertigaan sebelum terminal Bawen, silahkan ambil kanan menuju Ambarawa, tetap ikuti jalan hingga kamu menemukan pertigaan tepat di depan Monumen Palagan, ambil kiri di pertigaan tersebut.

Lalu tetap ikuti jalan hingga kamu menemukan pertigaan lagi di kiri jalan setelah Rumah Makan Nasi Pecel Ibu Mariana. Ambil kiri di pertigaan tersebut dan ikuti jalan hingga kamu sampai di lokasi Eling Bening.

Jika kamu melewati Tol, dari pintu keluar Tol Bawen silahkan ambil arah kanan menuju Terminal Bawen, dari situ silahkan belok kiri dan ikuti petunjuk seperti diatas.


#Dari Arah Grobogan Purwodadi dan Sekitarnya
Sedangkan apabila kamu dari Grobogan, cukup mengikuti rute Purwodadi – Godong – Kedung Jati – Bringin – Tuntang - Bawen –Ambarawa – Eling Bening.

Sesampainya di pertigaan setelah Terminal Bawen silahkan ambil kiri (arah Ambarawa/Jogja), lalu ikuti petunjuk seperti diatas tadi.


#Dari Arah Salatiga, Solo dan Sekitarnya
Dan jika kamu dari arah Salatiga, Solo dan sekitarnya, kamu tinggal mengikuti Jalan Surakarta-Semarang saja hingga kamu sampai di pertigaan setelah Terminal Bawen, silahkan ambil kiri (arah Ambarawa/Jogja) dan ikuti petunjuk seperti diatas.

Atau kamu bisa melihat di Google Maps.



Tips Berlibur ke Eling Bening :

  • Waktu terbaik untuk berkunjung kesini adalah di hari biasa (senin-jumat), sebab ketika weekend dan hari libur, tempat wisata ini akan penuh oleh wisatawan.
  • Harga makanan di Eling Bening berkisar diantara Rp.20.000 - Rp.40.000, jika kamu merasa cukup mahal, kamu bisa membawa makanan dari rumah.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Jika kamu ingin hunting foto disini, waktu terbaik adalah di pagi dan sore hari.
  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor apabila kamu berkunjung di akhir pekan dan hari libur.





Wisata Terdekat Dari Eling Bening (-1 Jam):

Museum Kereta Api Ambarawa (12 menit)
Museum Kereta Api Ambarawa merupakan sebuah Museum yang memiliki banyak sekali koleksi lokomotif dan barang-barang yang berhubungan dengan kereta api.

Di Museum ini kita dapat menemukan lokomotif-lokomotif tua yang pernah berjaya pada zamannya.

Monumen Palagan (12 menit)
Di monumen ini Kamu bisa menemukan peninggalan pemerintahan zaman Jepang dan Belanda. Kamu juga dapat melihat seragam para tentara Jepang dan Belanda, senjata perang, seragam tentara Indonesia, dan barang bersejarah lain.

Rawa Pening (11 menit)
Rawa Pening adalah danau terluas di Kabupaten Semarang, di Rawa Pening kita bisa melihat aktivitas masyarakat sekitar yang sedang panen enceng gondok, selain itu kita juga bisa berkeliling rawa dengan perahu.

Cimory Semarang (11 menit)
Jika kamu mencari wisata keluarga yang edukatif dan seru, Cimory Semarang bisa menjadi pilihanmu sebab tempat wisata ini mengusung konsep Restoran, Factory, Shop dan Playground yang akan membuat anak-anak betah berlama-lama disini.

Goa Rong (19 menit)
sesuai namanya, Goa Rong merupakan sebuah tempat wisata dimana terdapat goa dan bukit yang menawarkan pemandangan alam Kabupaten Semarang, pemandangan di Goa Rong tak berbeda jauh dengan pemandangan di Eling Bening.

Wisata Alam Lereng Kelir (23 menit)
Sama halnya dengan Goa Rong maupun Eling Bening sendiri, Lereng Kelir juga menawarkan pemandangan Rawa Pening.

Hanya saja wisata ini memiliki konsep gardu pandang dan camping ground, jadi bagi kamu yang lebih menyukai nuansa alam, kamu bisa berkunjung ke Wisata Alam Lereng Kelir

Kampung Kopi Banaran (20 menit)
Wisata keluarga di Bawen yang cukup populer, ada banyak kegiatan seru yang bisa kita lakukan di Kampung Kopi Banaran.

Saloka Fun Park (30 menit)
Taman bermain outdoor terbesar di Semarang saat ini. Saloka Park memiliki banyak sekali wahana yang akan membuat adrenalinmu terpacu.

Bukit Cinta (25 menit)
Bukit Cinta merupakan salah satu objek wisata romantis di Kabupaten Semarang. Setelah direnovasi pada awal tahun 2020, kini Bukit Cinta menjadit empat wisata unggulan yang berada di dekat Rawa Pening.

sumber foto header:akun IG @zhopiie_06




Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar