Top 15 Tempat Wisata di Bantul Paling Direkomendasikan


Di Jogja terdapat 3 Kabupaten populer, yaitu Bantul, Gunung Kidul dan Kulon Progo. Dari ketiga Kabupaten tersebut, Kabupaten Bantul dan Kulon Progo merupakan Kabupaten yang terkenal memiliki tempat wisata alam keren.

Nah, berbicara mengenai tempat wisata alam, di bawah ini merupakan daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi di Kabupaten Bantul, Jogja. Yuk kita simak.



Pantai Goa Cemara

sunset di pantai goa cemara
sunset di pantai goa cemara. foto : alrezanaldy

Siapa bilang cuma Kabupaten Gunung Kidul saja yang memiliki pantai-pantai indah, di Bantul juga terdapat pantai yang mempunyai pemandangan sangat mempesona lho, salah satunya adalah Pantai Goa Cemara.

Pantai Goa Cemara memiliki karakteristik yang cukup unik, yaitu di sekitar pantai terdapat banyak sekali pohon cemara, kerennya, formasi dari pepohonan cemara ini membentuk sebuah goa yang juga dijadikan sebagai jalan menuju bibir pantai. Pantai Goa Cemara Bantul mempunyai pemandangan yang sangat fotogenik.



Pantai Parangtritis

naik andong di pantai parangtritis
naik andong di pantai parangtritis. foto : https://www.instagram.com/p/BLUDYf-BGPz/

Tempat wisata di Bantul selanjutnya masih berupa pantai, yaitu Pantai Parangtritis. Siapa sih yang tidak kenal dengan Pantai Parangtritis, sebuah pantai yang juga menjadi ikon wisata Jogja ini memang sangat menarik untuk kita kunjungi.

Pantai Parangtritis merupakan pantai paling populer di Jogja, selain fasilitasnya yang lengkap, Pantai Parangtritis memang memiliki pemandangan yang indah, ditambah dengan mitos tentang Nyi Roro Kidul membuat objek wisata Jogja satu ini kian menarik untuk dikunjungi.



Pantai Depok

pantai depok jogja
mau main di pantai apa mau kondangan mas? foto : https://www.instagram.com/p/BLD5xsxh13u/

Pantai Depok merupakan salah satu tempat wisata di Bantul yang terletak berdekatan dengan Pantai Parangtritis, tepatnya sebelum gerbang retribusi tiket Pantai Parangtritis terdapat pertigaan di kanan jalan, disitulah jalan menuju Pantai Depok.

Pantai Depok terkenal sebagai tempat wisata kuliner di Bantul, Pantai Depok memang memiliki pemandangan yang tak seindah Pantai Parangtritis. Biasanya wisatawan yang datang kesini ingin berburu kuliner khas laut karena di Pantai Depok terdapat banyak penjual makanan seafood, objek wisata Bantul ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu pecinta wisata kuliner.



Pantai Parangkusumo

pantai parangkusumo jogja
mirip di pantai parangtritis ya. foto : https://www.instagram.com/p/BKiucYSgOTz/

Pantai Parangkusumo juga terletak tak jauh dari Pantai Parangtritis, pantai ini masih kalah populer dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Banyak yang mengatakan jika Pantai Parangkusumo lebih mistis daripada Pantai Parangtritis sendiri.

Namun terlepas dari kisah mistisnya, Pantai Parangkusumo memiliki pemandangan yang cukup indah lho, ditambah dengan suasananya yang masih sepi membuat Pantai Parangkusumo serasa eksklusif. Pantai ini bisa menjadi pilihan alternatif untuk camping di Bantul.



Pantai Kuwaru

pantai kuwaru jogja
yuk mampir kesini. foto : https://www.instagram.com/p/BI340UiDLsu/

Selain Pantai Goa Cemara, di Bantul masih terdapat pantai dengan pemandangan serupa, salah satunya adalah Pantai Kuwaru. Objek wisata ini terbilang cukup unik karena memadukan antara fasilitas seperti di Pantai Parangtritis dan pemandangan seperti di Pantai Goa Cemara.



Pantai Samas

pantai samas jogja
pemandangan di pantai samas. foto : https://www.instagram.com/p/BJO4c52Dvm1/

Masih berbicara mengenai pantai. Di Bantul terdapat satu pantai lagi yang mempunyai pemandangan cantik dan sangat sayang untuk kita lewatkan. Pantai Samas merupakan pantainya nelayan, di pantai ini terdapat sebuah mercusuar seperti di Pantai Baron yang masih berfungsi sebagai navigasi nelayan. Pantai Samas memiliki ombak yang cukup besar, tempat wisata Bantul ini sangat cocok dijadikan tujuan untuk hunting foto.




Gumuk Pasir Parangkusumo

gumuk pasir parangkusumo jogja
serasa di gurun pasir luar negeri ya. foto : https://www.instagram.com/p/BK9cmM-j5ik/

Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan salah satu tempat wisata unik di Bantul, di objek wisata ini kita bisa melihat gundukan-gundukan pasir yang terlihat seperti padang pasir di luar negeri. Kini Gumuk Pasir Parangkusumo menjadi lokasi favorit untuk sandboarding. Tak hanya itu saja, kita juga bisa hunting foto keren di tempat wisata Jogja ini.



Hutan Pinus Mangunan

romantis di hutan pinus mangunan jogja
ajak pasangan biar romantis. foto : https://www.instagram.com/p/BLXGqzeguIR/

Bagi para pecinta fotografi, terutama di Jogja pasti sudah tidak asing dengan tempat wisata di Bantul satu ini. Hutan Pinus Mangunan merupakan sebuah hutan yang memiliki formasi pepohonan pinus yang nampak fotogenik. Biasanya wisatawan yang datang ke tempat wisata ini bertujuan untuk hunting foto dan camping.



Kebun Buah Mangunan

cewek di kebun buah mangunan
cantikan orangnya atau pemandangannya? foto : dferling

Kebun Buah Mangunan merupakan tempat wisata paling populer di Mangunan. Di tempat wisata tersebut kita bisa melihat pemandangan alam Kabupaten Bantul dari ketinggian yang terlihat sangat mempesona.

Sesuai namanya, kita juga bisa mencicipi berbagai buah segar yang bisa kita petik langsung dari pohonnya, seperti durian, jambu, salak dan masih banyak lainnya. Kebun Buah Mangunan sangat cocok dijadikan wisata keluarga diakhir pekan.



Puncak Becici

puncak becici jogja
pemandangannya mirip sama di kebun buah mangunan. foto : https://www.instagram.com/p/BLXarcGgS_9/

Masih di sekitar Mangunan, terdapat sebuah tempat wisata yang hampir mirip dengan Kalibiru di Kulon Progo, yaitu Puncak Becici. Tempat wisata Bantul satu ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah.

Puncak Becici bisa menjadi alternatif wisata Kebun Buah Mangunan dikala tempat wisata tersebut sudah dipenuhi pengunjung, selain itu Puncak Becici juga masih terlihat alami. Tempat wisata Jogja ini sangat cocok untuk melihat indahnya sunset Kabupaten Bantul.



Bukit Panguk

sunrise indah di bukit panguk jogja
sunrise di bukit panguk, yakin gak mau kesini? foto : dimasranggah

Masih belum puas dengan Puncak Becici? Tenang, di Bantul terdapat tempat wisata alternatif lain yang tak kalah keren untuk kita kunjungi, salah satunya adalah Bukit Panguk. Karakteristik dari Bukit Panguk tak jauh berbeda dengan Puncak Becici dan Punthuk Mongkrong di Magelang. Tempat wisata ini juga sangat cocok untuk melihat indahnya sunrise dan sunset Jogja.

baca juga : Bukit Panguk, wisata alternatif Kebun Buah Mangunan



Goa Cerme

goa cerme jogja
berani kesini? foto : https://www.instagram.com/p/BLWD9gLh-YQ/

Beralih ke tempat wisata goa, di Bantul terdapat sebuah goa yang sudah sangat populer dikalangan wisatawan, yaitu Goa Cerme, sebuah goa yang memiliki pemandangan stalagnit dan stalagmit sangat mempesona. Menurut cerita, Goa Cerme memiliki ujung di Desa Ploso, Kabupaten Gunung Kidul lho.



Balong Waterpark

balong waterpark jogja
yuk basah basahan. foto : https://www.instagram.com/p/BKNd1LZDKBn/

Beralih ke taman air, Bantul memiliki sebuah tempat wisata yang sangat sayang untuk kita lewatkan. Balong Waterpark merupakan salah satu waterpark tertua di Jogja, walaupun begitu ternyata Balong Waterpark mempunyai fasilitas yang cukup lengkap lho, salah satu wahana populer di Balong Waterpark adalah seluncuran setinggi 12 meter.



Kids Fun

kids fun jogja
cocok untuk wisata anak. foto : https://www.instagram.com/p/BJXJiZEjnRd/

Kids Fun merupakan tempat wisata keluarga yang sudah sangat terkenal di Bantul. Kids Fun memiliki berbagai wahana seru yang bisa kita coba bersama anak-anak, seperti gokart, bumper car, flying fox, swinger dan masih banyak lagi.



Taman Wisata Tirta Tamansari (Water Byur Bantul)

waterbyur bantul jogja
yuk kesini. foto : https://www.instagram.com/p/BKPhhXADsIi/

Taman WIsata Tirta Tamansari atau biasa disebut Water Byur Bantul merupakan sebuah waterpark yang juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap, selain itu harga tiketnya yang cukup murah menjadikan Water Byur Bantul cukup diminati oleh wisatawan, terutama wisatawan lokal.

baca juga : daftar ikon wisata di setiap Kabupaten di Jogja

Nah, itulah daftar tempat wisata di Bantul yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi, jika kamu memiliki informasi mengenai tempat wisata keren di Bantul lainnya, yuk share di kolom komentar.



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »