Info Lengkap Pendakian Gunung Merbabu via Suwanting


Gunung Merbabu merupakan gunung paling favorit di Jawa Tengah, bukan tanpa alasan, Gunung Merbabu memang menawarkan pemandangan yang sangat indah dan terbilang lengkap, gunung ini juga menjadi gunung terindah di Jawa Tengah lho.


puncak suwanting gunung merbabu
puncak suwanting. foto : khairunissa


Gunung Merbabu sendiri memiliki beberapa jalur pendakian, diantaranya :
Merbabu va Selo (Boyolali)
Merbabu via Gancik (Boyolali)
Merbabu via Chuntel (Salatiga)
Merbabu via Thekelan (Salatiga)
Mebabu via Suwanting (Magelang)
Merbabu va Wekas (Magelang)

Nah, diantara jalur pendakian diatas, jalur pendakian Gunung Merbabu via Selo merupakan jalur paling favorit karena selain cukup mudah, pemandangan yang ditawarkan jalur tersebut juga terbilang sangat indah.

Namun, ternyata terdapat jalur pendakian lain di Gunung Merbabu yang memiliki pemandangan tak kalah indah dengan jalur pendakian via Selo, yaitu jalur pendakian Gunung Merbabu via Suwanting di Magelang.

Jalur via Suwanting ini menjadi jalur favorit kedua setelah Selo karena juga memiliki pemandangan padang savana rumput yang sangat luas, nah bagi kamu yang ingin mendaki di Gunung Merbabu via Suwanting, dibawah ini merupakan tips dan info mengenai jalur via Suwanting tersebut.

Jalur pendakian Merbabu via Suwanting ini sebenarnya pernah dibuka pada tahun 1990 sampai 1998, namun setelah tahun 1998 jalur pendakian ini ditutup, dan pada bulan Maret 2016 jalur pendakian via Suwanting kembali dibuka hingga menjadi salah satu jalur favorit pendaki.

Jalur pendakian Merbabu via Suwanting terletak di Dusun Suwanting, Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, lokasinya yang terletak tak jauh dari objek wisata Ketep Pass menjadikan Basecamp Suwanting cukup mudah untuk ditemukan.


foto hutan pinus merbabu via suwanting
keren ya hutan pinusnya. foto : rizkywahyu_id



Bagaimana Cara Menuju ke Basecamp Merbabu via Suwanting ?

Nah, dari kota Semarang, Salatiga dan sekitarnya, kamu cukup mengikuti rute Kopeng-Ketep Pass saja, selama perjalanan kamu akan melewati beberapa jalur pendakian lainnya, sepetri jalur via Wekas, Thekelan dan Chuntel.

Setelah kamu sampai di pertigaan dimana jika kamu belok kekiri akan menuju Ketep Pass dan apabila lurus menuju ke Kecamatan Candimulyo, Magelang, silahkan ambil arah menuju Ketep Pass (belok kiri), setelah sekitar 3 Km dari pertigaan tersebut kamu akan menemukan pertigaan lagi dengan gapura kecil disamping jalan bertuliskan “Jalur Pendakian Merbabu via Suwanting”, silahkan ikuti petunjuk tersebut hingga kamu sampai di Basecamp Suwanting.

Bagi kamu yang menggunakan transportasi umum, dari Jakarta, Bandung dan manapun, silahkan menggunakan bus atau kereta menuju Solo, setelah itu melanjutkan perjalanan menuju Boyolali menggunakan bus, dari terminal Boyolali kamu bisa menggunakan bus menuju Kecamatan Selo menuju Ketep Pass dan turun di Desa Suwanting.


foto sabana merbabu jalur suwanting
salah satu sabana di jalur via suwanting. foto : muhammad_najib2



Estimasi Pendakian Gunung Merbabu via Suwanting :
Basecamp – Pos 1 (kurang lebih 30 menit)
Pos 1 – Pos 2 (kurang lebih 2,5 jam)
Pos 2 – Pos 3 (kurang lebih 3 jam)
Pos 3 – Puncak Kenteng Songo (kurang lebih 1,5 jam)
Total : 7 Jam 30 menit (tergantung kecepatanmu berjalan)


Info Mengenai Pendakian Merbabu via Suwanting :

Basecamp – Pos 1 Lembah Lempong

Perjalanan dari Basecamp menuju Pos 1 kita akan melewati perumahan warga sebelum akhirnya memasuki ladang milik warga, jalur menuju Pos 1 ini terbilang masih ringan, hanya menanjak sedikit dan tidak terlalu terasa.

Pos 1 – Pos 2 Pos Bendera

Sesampainya di Pos 1 kita sudah mulai memasuki hutan, diperjalanan kita akan menemukan mata air yang dialirkan melalui pipa sbelum mulai memasuki kawasan hutan pinus, pemandangan di hutan pinus ini sangat indah, tak jarang beberapa pendaki menyempatkan diri untuk berfoto di hutan pinus tersebut sebelum melanjutkan perjalanan.

Jalur menuju Pos 2 sudah mulai terasa berat karena didominasi oleh tanjakan, Pos 2 Bendera ini tak jarang dijadikan sebagai lokasi mendirikan tenda apabila ada salah satu tim yang tidak kuat atau kelelahan, namun perjalanan masih jauh untuk sampai puncak, jadi lebih disarankan untuk melanjutkan perjalanan menuju Pos 3 jika memang masih kuat.

Pos 2 – Pos 3 Dampo Awang

Setelah melalui Pos 2 kita akan diusuguhi dengan trek yang terus menanjak hingga Puncak Suwanting, selama perjalanan kita juga akan menemukan sumber air bernama “Sendang Dampo Awang” yang bisa kita gunakan untuk mengisi perbekalan minuman.

Biasanya para pendaki memilih Pos 3 sebagai lokasi camp terakhir sebelum summit, di Pos 3 ini kita juga bisa melihat deretan gunung lainnya seperti Gunung Merapi, Andong, Sumbing dan Sindoro yang terlihat berdiri gagah.

Pos 3 – Puncak Suwanting

Sebelum sampai di Puncak Kenteng Songo atau Puncak Triangulasi (puncak tertinggi Gunung Merbabu) kita harus menuju ke Puncak Suwanting terlebih dahulu, jalur menuju Puncak Suwanting terbilang sedikit ringan walaupun cukup menanjak.

Selama perjalanan menuju Puncak Suwanting kita akan melewati padang savana yang sangat populer dikalangan pendaki sebagai lokasi keren untuk berfoto di Gunung Merbabu, di jalur pendakian Merbabu via Suwanting ini sendiri terdapat 3 sabana.

Selama perjalanan menuju Puncak Suwanting kita bisa melihat gunung-gunung lainnya, mulai dari Gunung Ungaran, Telomoyo, Andong, Merapi dan juga Sumbing, Sindoro, tak jarang pula beberapa pendaki lebih memilih untuk sampai di Puncak Suwanting saja daripada sampai di Puncak Kenteng Songo (3.142 Mdpl) karena pemandangannya yang sangat indah.

Puncak Suwanting – Puncak Kenteng Songo/Triangulasi

Untuk menuju ke puncak tertinggi Gunung Merbabu kita kan melewati jalur yang cukup ringan dengan pemandangan alam gunung Merbabu yang terlihat sangat mempesona, sesampainya di puncak kamu tinggal pilih ingin menuju ke Puncak Triangulasi atau Puncak Kenteng Songo, kedua puncak tersebut memiliki ketinggian sama kok.


foto jalur pendakian merbabu via suwanting
jalur via suwanting nih. foto : aput




Tips Mendaki Gunung Merbabu via Suwanting :


  • Berbeda dengan jalur pendakian via Selo, walaupun sama sama memiliki pemandangan yang indah, namun jalur via Suwanting terbilang lebih berat daripada via Selo, bahkan jalur ini hampir sama beratnya dengan jalur via Wekas.



  • Pilihlah hari dan waktu yang tepat, untuk bisa melihat hijaunya rerumputan di padang sabana merbabu, kamu bisa mendaki di bulan April-Desember, karena saat itu biasanya rumput terlihat sangat lebat dan hijau.



  • Sebelum mendaki, pastikan kamu sudah berolahraga terlebih dahulu agar tubuh tidak kaget dengan jalur yang menanjak.



  • Tidak seperti jalur via Selo yang tidak terdapat sumber air, di jalur via Suwanting ini sudah terdapat mata air.



  • Lokasi camp favorit adalah di Pos 3, selain itu kamu juga bisa mendirikan di Pos 1, Pos 2 dan diantara Pos 1-Pos 2.


baca juga : daftar nomor CP Basecamp gunung-gunung di Indonesia

Nah, itulah tips dan info mengenai pendakian Gunung Merbabu via Suwanting, jadi kapan kamu mendaki melalui jalur ini?


Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »