Top 10 Alun-Alun Keren di Indonesia


Setiap daerah pasti memiliki pusat Kota, dimana pusat tersebut sering ditandai dengan terdapatnya Alun-Alun, nah dibawah ini adalah daftar alun-alun terindah di Indonesia, tentunya ketika kamu berkunjung ke kota tersebut tidak boleh melewatkan untuk berkunjung ke alun-alunnya, dimana sajakah itu, yuk kita simak.



Kota Batu, Jawa Timur



foto alun alun kota wisata batu malang
ada apel raksasa. foto ; www.klikhotel.com






Kota Wisata Batu memang memiliki segudang tempat menarik yang bisa kita kunjungi, tak terlepas juga dengan alun-alunnya, Kota Batu memiliki alun-alun yang cukup cantik, bukan hanya itu saja, alun-alun ini juga dilengkapi dengan beberapa wahana seru, salah satu wahana yang terkenal di alun alun Kota Batu adalah Ferris Wheelnya, Ferris Wheel di alun alun kota batu memiliki 17 kabin yang berputar dan mempunyai berbagai macam warna seperti merah, kuning, dan hijau.

Selain Ferris Wheel, di kawasan alun-alun juga terdapat taman bermain anak-anak, jadi sangat cocok untuk berekreasi bersama keluarga, alun-alun Kota Batu menjadi tempat wisata murah meriah yang tak pernah sepi dari pengunjung, selain itu disekitarnya kita juga bisa menikmati wisata kuliner seperti ceker setan dan ketan legenda.

baca juga : daftar tempat wisata keren di Kota Wisata Batu




Lumajang, Jawa Timur



foto alun alun lumajang jawa timur
cocok buat nyantai dan ngadem. foto : www.bappedalumajang.org





Lumajang terkenal dengan wisata alam yang mempesona, namun siapa sangka Kabupaten satu ini ternyata memiliki alun-alun yang tak kalah indah dengan wisata alamnya lho, alun-alun di kota ini terlihat sangat hijau karena dikelilingi oleh pepohonan dan rerumputan, selain itu tepat ditengah alun-alun terdapat sebuah pohon beringin yang besar.



Bandung, Jawa Barat



foto alun alun bandung jawa barat
cantik dan indah. foto : zaidanphotography





Menyusuri Jalan Asia Afrika Kota Bandung, kita akan menemukan sebuah taman bermain hijau yang ditumbuhi dengan rumput sitentis dengan pola disain kotak-kotak dengan latar belakang Masjid Agung Bandung, nah inilah alun-alun Kota Bandung yang sangat populer.

Taman Alun Alun Kota Bandung ini menjadi tempat wisata menarik bagi keluarga di akhir pekan, bahkan setiap harinya alun-alun ini tak pernah sepi dari pengunjung lho, dengan keunikannya ini, terlepas dari banyaknya tempat wisata menarik di Bandung, alun-alun Bandung memang layak dikunjungi.

baca juga : daftar tempat wisata menarik di Bandung



DKI Jakarta




foto monas jakarta keren
monumen nasional. foto : www.pulangkerja.com





Apa kamu tahu dimana alun-alun Jakarta ? ya, alun-alun Jakarta terletak di kawasan Monas, selain menjadi tempat wisata dan taman, Monas juga sekaligus menjadi alun-alun bagi Jakarta, disini kita bisa melakukan banyak aktivitas seru di pagi hingga sore hari, selain itu cobalah naik ke puncak Monas maka kamu bisa melihat gedung-gedung tinggi di Jakarta.

Taman Medan Merdeka, suatu taman yang terbesar di Asia Tenggara bahkan salah satu yang terbesar di Asia. Suatu taman yang menjadi landmark dari Indonesia.

baca juga : daftar tempat wisata murah meriah di Jakarta




Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan




foto sunset di pantai seruni dan alun alun
senja di pantai seruni. foto : www.wonosobozone.com




Berbeda dengan kebanyakan alun-alun di Indonesia, Kabupaten Bantaeng memiliki alun-alun yang cukup unik dengan terletak di pinggir pantai, alun-alun ini menyatu dengan Pantai Seruni, sebuah pantai yang dahulunya hanyalah sebagai pelabuhan nelayan. Walaupun Pantai Seruni tak menawarkan rekreasi pantai dan permandian, namun pemandangan laut dan kerennya alun-alun Kabupaten Bantaeng layak kita kunjungi dan abadikan kedalam kamera.




Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur



foto alun alun tenggarong kutai kartanegara
wajib dikunjungi nih. foto : kaskus




Jika alun-alun di Kabupaten Bantaeng terletak di pinggir pantai, maka Tenggarong memiliki alun-alun yang terletak di pinggir sungai, alun-alun ini layaknya sebuah taman yang sangat cocok untuk bersantai di sore hari bersama pasangan maupun keluarga.



Palangkaraya, Kalimantan Tengah


foto keren alun alun palangkaraya
malam hari di alun-alun, keren! foto : picssr.com






Alun-alun atau disebut juga bundaran ini menjadi lokasi yang sering digunakan masyarakat sekitar untuk bersantai dan berolahraga ringan seperti jogging, ditengah alun-alun terdapat sebuah monumen berupa patung para tentara.




Pontianak, Kalimantan Barat



foto air mancur di alun alun pontianak
keren, ada air mancurnya. foto ; wisatapontianak.com





Alun-alun di kota Pontianak bernama Taman Alun Kapuas, Taman Alun-Alun Kapuas ini memiliki bentuk dan dekorasi yang amat tertata rapi, sehingga tempat ini sering menjadi sarana refresing bagi beberapa kalangan masyarakat umum kota Pontianak, apalagi di tambah dengan adanya air mancur yang sangat indah, dengan dikelilingi anak-anak tangga taman alun-alun Kapuas serta ditambah dengan replika Tugu Khatulistiwa yang menjadi kebanggaan masyarakat Provinsi Kalimantan barat ini.



Bukittinggi, Sumatera Barat




foto alun alun bukittinggi dan jam gadang
jam gadang yang melegenda. foto : www.blogyoiko.com




Alun-alun di Bukittinggi, Sumatera Barat ini sedikit unik karena selain menawarkan fasilitas taman yang cukup luas dan indah, di tengah alun-alun juga terdapat sebuah menara jam bernama Jam Gadang, menara ini sudah sangat terkenal dan menjadi ikon Bukittinggi.




Batam, Kapulauan Riau



foto alun alun kota batam
welcome to batam. foto : paapaajalah.blogspot.com




Alun-alun di Kota Batam ini memiliki nama Engku Putri Batam, Alun-alun Engku Putri terletak di pusat pemerintahan Kota Batam. Di mana semua aktifitas pemerintahan dan ekonomi Kota Batam berjalan. Alun-alun ini dikelilingi oleh kantor-kantor pemerintah seperti Kantor Walikota, DPRD, PLN, Imigrasi, Kantor Bersama Samsat dan Bank Indonesia.

Alun-alun Engku Putri menawarkan banyak sekali fasilitas sehingga tak sedikit masyarakat bahkan wisatawan yang datang kesini untuk menghabiskan hari sekedar bersantai atau berjalan-jalan, beberapa fasilitas yang ada di alun-alun ini adalah sebuah lapangan futsal dan lapangan basket yang digunakan untuk kepentingan umum yang terletak di sebelah utara, dii sampingnya juga masih terdapat skatepark lho.




Nah, itulah daftar alun-alun indah dan keren yang ada di Indonesia, dari daftar diatas mana saja yang menurutmu paling keren?

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »