Musuem Angkut, Museum Transportasi Pertama di Asia Tenggara


Kota Wisata Batu Malang memang menawarkan banyak sekali jenis wisata menarik, salah satu wisata keren di Kota Batu selain wisata alam adalah museum, nah di kota satu ini terdapat sebuah Museum yang cukup menarik perhatian.



foto mobil antik di musuem angkut batu
koleksi mobil antik di museum angkut. foto : fachmiza


Musuem tersebut bernama Museum Angkut, yaitu sebuah museum yang mengusung tema transportasi, Museum Angkut Batu menjadi museum pertama di Asia Tenggara yang mengusung tema tersebut lho, ada banyak sekali koleksi kendaraan di tempat wisata ini yang bisa kita lihat.

Museum Angkut atau bisa juga disebut Museum Angkot menawarkan wisata edukasi dan sejarah yang sangat sayang untuk kita lewatkan, di Museum Angkut Batu terdapat berbagai macam koleksi kendaraan dari zaman dahulu hingga zaman modern.

Tempat wisata yang dibangun diatas tanah seluas 3 hektar ini sangat cepat menarik perhatian wisatawan, setiap harinya Museum Angkut Batu selalu ramai oleh pengunjung yang penasaran ingin melihat mobil-mobil antik.

baca juga : daftar tempat wisata di Malang yang sayang kamu lewatkan



foto transportasi tradisional di indonesia
salah satu transportasi tradisional di Indonesia. foto : harlicha_yuli


Museum Angkut Batu masih berada dibawah naungan Jatim Park Group yang juga mengelola tempat wisata Jatim Park 1 dan 2, Museum Angkut Batu sendiri dibagi menjadi beberapa bagian seperti :

Zona Hall Utama
Zona ini merupakan zona pertama yang akan kita lihat ketika mulai memasuki area Musuem, di Zona Hall Utama kita bisa melihat banyak sekali koleksi kendaraan antik zaman dahulu dari berbagai negara.

Zona Edukasi
Nah, bagi kamu yang ingin mengenal dunia otomotif lebih jauh ke masa lalu, kamu bisa masuk ke Zona Edukasi, di zona ini kita bisa melihat benyak koleksi kendaraan yang dilengkapi dengan penjelasannya, di zona ini juga terdapat sebuah mobil seri Chrysler Windsor Deluxe yang pernah dipakai oleh Presiden Soekarno lho.

Zona Batavia
Di zona ini kita akan diajak bernostalgia di Jakarta pada zaman dahulu ketika masih bernama Batavia dan masih dalam penjajahan Belanda, di Zona Batavia kita bisa melihat koleksi transportasi zaman dahulu lengkap dengan background yang akan membuat kita serasa benar benar berada ditempat tersebut.

Zona Jepang
Jika membahas mengenai otomotif tentunya tak lepas dengan Jepang, karena itu Museum Angkut Batu juga menyediakan zona khusus yang memamerkan transportasi Jepang pada zaman dahulu hingga modern, disini kita bisa melihat koleksi dari beberapa pabrikan terkenal seperti Honda, Suzuki, Kawasaki dan masih banyak lainnya.

Zona Eropa
Selain Jepang, terdapat juga Zona Eropa yang memperlihatkan koleksi dari beberapa negara populer, di Zona Eropa sendiri dibagi menjadi beberapa bagian seperti Inggris, Perancis, Jerman dan Italia, dari negara-negara tersebut, Zona Inggris dan Perancis adalah zona paling favorit bagi wisatawan.

Zona Hollywood
Nah, inilah salah satu zona paling favorit di Museum Angkut Batu selain Zona Gangster, di Zona Hollywood kita bisa melihat berbagai koleksi unik dari film-film hollywood seperti mobil milik Scooby-Doo hingga Batman.

Zona Gangster dan Broadway Street
Bersama dengan Zona Hollywood, Zona Gangster menjadi spot paling favorit di Museum Angkut, di Zona Gangster kita akan diajak bernostalgia pada tahun 1970an dimana pada saat itu Gangster masih sangat populer di Amerika, di Zona Gangster ini kita bisa melihat berbagai koleksi yang berhubungan dengan Gangster.

Masih kurang puas dengan zona-zona diatas? Tenang, Museum Angkut Batu masih memiliki spot keren lainnya kok, seperti :

Pasar Apung
Biasanya Pasar Apung identik dengan Kalimantan, walaupun juga terdapat di Lembang, Bandung, tapi ternyata di Museum Angkut juga terdapat tempat serupa lho, sama halnya dengan Pasar Apung lainnya, Pasar Apung di Museum Angkut Batu juga berfungsi sebagai lokasi makan.

Pasar Apung Museum Angkut menjadi lokasi favorit untuk bersantai sambil mengisi perut setelah puas berkeliling seharian, di kawasan Pasar Apung juga terdapat toko-toko penjual souvenir yang bisa kita jadikan oleh-oleh khas Batu.

Museum D’Topeng
Seperti namanya, Museum D’Topeng memiliki lebih dari 2000 topeng dari berbagai daerah Indonesia, tak hanya itu saja, Museum D’Topeng di Museum Angkut Batu juga memamerkan koleksi kerajinan keramik, wayang hingga Al Quran kuno yang dibuat dari kulit binatang.



foto zona gangster di museum angkut batu
zona gangster. foto : adevihas



Rute Menuju Museum Angkut Batu Malang

Akses menuju tempat wisata ini sangatlah mudah, bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, kamu bisa mengikuti rute dibawah ini.
Kendaraan Umum: dari Kota asalmu, kamu bisa menuju ke Kota Batu dengan naik bis dan turun di terminal Batu, dari terminal Batu kita bisa menggunakan Angkutan berwarna merah jingga (jurusan Batu – Selecta – Sumberbrantas) dan turun di Museum Angkut.

Kendaraan Pribadi: dari pusat kota Malang, belok kiri di Jalan Imam Bonjol Bawah (sebelah kanan ada Matahari-Lippo Plaza) hingga sampai di Jatim Park 1, setelah sampai di depan Jatim Park 1, kamu tinggal lurus saja hingga menemukan Museum Angkut yang berada di pojok perempatan lampu merah.

baca juga : daftar tempat wisata keren di Kota Batu yang harus kamu kunjungi


foto koleksi vespa di museum angkut batu malang
koleksi vespa di museum angkut. foto : rizka




Tips Berlibur Ke Museum Angkut Kota Batu


  • Tinggi badan 85 cm keatas dikenakan tiket penuh.
  • Additional charge segala jenis kamera selain kamera handphone Rp. 30.000,-/kamera
  • Segala bentuk pemotretan untuk kegiatan modelling/photo session/prewedding/rombongan dll, harap berkoordinasi dengan marketing.
  • Dilarang membawa makanan & minuman dalam bentuk apapun kecuali makanan bayi, menyalakan api/merokok, membawa senjata tajam dan hewan peliharaan
  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Museum Angkut adalah saat hari biasa, karena saat weekend biasanya akan ramai oleh wisatawan.
  • Tapi jika kamu datang pada hari Sabtu dan Minggu, kamu dapat menikmati parade superhero sekitar pada jam 17.00 mulai dari Batman hingga Superman.
  • Datanglah lebih awal agar bisa lebih puas berkeliling.




Harga Tiket Masuk :
Senin – Jumat (Rp. 60.000/orang)
Weekend, Hari Libur dan Tanggal Merah (Rp.80.000/orang)

Paket Terbang
(Museum Angkut + Runway 27)
Senin-Jumat (Rp. 70.000,-)
Weekend (Rp. 90.000,-)

Paket Topeng
(Museum Angkut + D’Topeng Kingdom)
Senin-Jumat (Rp. 70.000,-)
Weekend (Rp. 90.000,-)

Paket Balap
(Museum Angkut + Runway 27 + D’Topeng Kingdom)
Senin-Jumat (Rp. 80.000,-)
Weekend (Rp. 100.000,-)

Jam Buka Museum Angkut :
12:00-20:00 WIB
Loket Buka Jam 11:00-19:00 WIB

Akomodasi (Penginapan)
Karena Kota Batu menjadi kota wisata, jadi cukup mudah untuk menemukan penginapan di Kota ini, termasuk didekat objek wisata Museum Angkut, sudah terdapat banyak villa, homestay dan hotel yang bisa kita pilih.



Lokasi :


  • Alamat ; Jl. Terusan Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Kota Batu, Jawa Timur
  • 1 Km dari Alun Alun Kota Batu melalui Jl. Abdul Ghani (6 menit)
  • 18 Km dari pusat Kota Malang melalui Jl. Raya Ir. Soekarno (47 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Lihat peta cara menuju ke museum angkut



Wisata Terdekat Dari Museum Angkut Batu :

Jatim Park 1 (4 menit)
Jatim Park 2 (6 menit)
Batu Night Spectacular (8 menit)
Batu Secret Zoo (6 menit)


Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »