Embung Nglanggeran, Danau Buatan Cantik di Puncak Bukit


Gunung Kidul, salah satu Kabupaten di Jogja yang memiliki segudang wisata alam mempesona, mulai dari deretan pantai cantiknya, goa, hingga perbukitan. Tak hanya itu saja, di Gunung Kidul juga terdapat wisata danau yang tak kalah menarik lho. Namanya Embung Nglanggeran.

senja di embung nglanggeran
senja di embung nglanggeran. foto : alexa

Apa yang Menarik di Embung Nglanggeran Jogja ?

Embung Nglanggeran merupakan sebuah danau buatan yang terletak di dataran tinggi tak jauh dari Gunung Api Purba. Embung Nglanggeran memiliki fungsi utama sebagai tempat penampungan air untuk mengairi perkebunan di kawasan Nglanggeran.

embung nglanggeran dari gunung api purba
view embung nglanggeran dari gunung api purba. foto : jalan2kejogja

Tepat di bawah danau ini memang terdapat perkebunan warga, tak heran jika tempat wisata ini juga disebut dengan nama Kebun Buah Nglanggeran. Nah, selain sebagai waduk penampung air, Embung Nglanggeran juga dijadikan sebagai tempat wisata.

Lokasinya yang terletak tak jauh dari Gunung Api Purba menjadikan Embung Nglanggeran kian cepat populer, ditambah dengan pemandangan yang sangat cantik membuat tempat wisata Jogja satu ini cukup digemari oleh kalangan anak muda.

Embung Nglanggeran diresmikan pada tahun 2013, sejak saat itu objek wisata ini menjadi salah satu tempat wisata keluarga favorit di Gunung Kidul, terutama di kawasan Nglanggeran sendiri.

Embung Nglanggeran terletak di atas bukit yang membuat pemandangan dari kawasan tersebut terlihat sangat indah dengan hamparan perkebunan warga dan perbukitan di Gunung Kidul, selain itu tepat di belakang, kita bisa melihat deretan bukit di Gunung Api Purba yang terlihat unik.

Biasanya wisatawan datang kesini saat sore hari, selain menawarkan pemandangan alam yang indah, Embung Nglanggeran juga sangat cocok sebagai lokasi melihat cantiknya sunset lho. Ditambah lagi objek wisata ini buka sampai malam hari, jadi kita bisa lebih puas berlama-lama disini.

Ketika malam tiba, kita bisa melihat Embung Nglanggeran yang dikelilingi oleh lampu yang membuat pemandangan kian menarik untuk kita abadikan kedalam kamera.
foto sunset romantis di embung nglanggeran jogja
sunset romantis di embung nglanggeran. foto : novalnv


Fasilitas :
  • Tempat Parkir
  • Penginapan
  • Warung Makan
  • Toilet
  • Mushola


Harga Tiket Masuk Embung Nglanggeran :
Rp. 10.000/orang (siang hari)
Rp. 15.000/orang (malam hari)

Jam Buka :
Setiap hari pagi sampai malam

Akomodasi (Penginapan)
Sudah terdapat banyak penginapan di sekitar objek wisata Embung Nglanggeran, tinggal pilih saja sesuai seleramu.


Lokasi :

  • Alamat ; Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.
  • 26 Km dari pusat Kota Jogja melalui Jl. Wonosari (56 menit)
  • 22 Km dari Bandara Adisucipto melalui Jl. Nasional III (43 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)



Rute Menuju Embung Nglanggeran

Akses menuju Embung Nglanggeran sangatlah mudah, terdapat dua jalur untuk bisa sampai di tempat wisata tersebut, yaitu :

Dari Pusat Kota Jogja
Kamu tinggal mengikuti rute Jogja – Jalan Wonosari – Bukit Bintang – Perempatan Timur Radio GCD FM Patuk belok kiri – Desa Ngoro-oro – Pertigaan setelah UPT Puskesmas Patuk II belok kanan – Pendopo Kaliosong masih lurus – Pertigaan setelah SDN Nglanggeran belok kiri – akan terdapat petunjuk menuju Gunung Api Purba, ikuti saja petunjuk tersebut hingga kamu sampai di Kebun Buah Nglanggeran atau Embung Nglanggeran.

Dari Prambanan, Klaten dan Solo
Candi Prambanan – dari Pertigaan Pasar Candi Prambanan ikuti petunjuk menuju Piyungan atau Wonosari – Bundaran Siyono – Tugu Batas Kota Wonosari – Lanud TNI AU Gading – Rest Area Bunder – Pertigaan Sambi Pitu memutar ke kanan – sekitar 50 KM akan ada pertigaan, ke kiri, masuk ke Padukuhan Widoro Wetan – Balai Padukuhan Nglanggeran Wetan – Pertigaan ke kanan – Embung Nglanggeran.

Menggunakan Transportasi Umum
Dari Terminal Giwangan silahkan naik bus dengan jurusan Wonosari dan turun di Patuk, dari Patuk perjalanan dilanjutkan menggunakan ojek hingga sampai di lokasi.



Tips Berlibur ke Embung Nglanggeran Jogja :

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Embung Nglanggeran adalah hari biasa (senin-jumat) pada sore sampai malam hari, karena saat itu kita bisa melihat sunset.
  • Dilarang mandi di danau.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.
  • Jika menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraanmu dalam keadaan prima.
  • Sangat cocok sebagai lokasi hunting foto di Jogja.
  • Agar mendapatkan pemandangan yang indah, datanglah di musim kemarau.
  • Sudah terdapat banyak petunjuk jalan, jadi tidak usah kawatir tersesat.



Lihat peta cara menuju ke embung nglanggeran


Wisata Terdekat Dari Embung Nglanggeran :

Gunung Api Purba (7 menit)
Gunung Api Purba merupakan tempat wisata yang masih satu kawasan dengan Embung Nglanggeran, untuk bisa sampai di puncak gunung ini kita tidak perlu susah-susah trekking layaknya mendaki di gunung-gunung tinggi lainnya, karena sudah disediakan jalur yang cukup mudah.

Air Terjun Kedung Kandang (7 menit)
Air Terjun Kedung Kandang merupakan salah satu air terjun unik di Gunung Kidul karena memiliki karakteristik yang bertingkat-tingkat, selain itu lokasinya yang terletak di sekitar persawahan warga membuat pemandangan di objek wisata ini cukup menyegarkan mata.



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »