Skip to main content

Bukit Lintang Sewu, Spot Kece Untuk Melihat Sunset dari Ketinggian di Bantul

rumah terbaik di bukit lintang sewu jogja

Kita kembali ke Jogja, tepatnya di Kabupaten Bantul. Ada satu tempat wisata lagi yang tak boleh kamu lewatkan.

Wisata Bantul memang didominasi oleh wisata perbukitan, berbeda dengan Gunung Kidul yang didominasi oleh pantai, karena itu bagi kamu yang ingin melihat indahnya alam Jogja dari ketinggian, datanglah ke Bantul.

Nah, salah satu tempat wisata yang bisa kamu pilih untuk menghabiskan sore di Bantul adalah Bukit Lintang Sewu.

spot foto kaki raksasa bukit lintang sewu
spot foto kaki raksasa. foto : @roh_kyt





Apa yang Menarik di Bukit Lintang Sewu?

Bukit Lintang Sewu terletak di Dlingo. Kita tahu jika daerah Dlingo memiliki banyak sekali wisata perbukitan yang menawarkan pemandangan alam Kabupaten Bantul.

sunset di bukit lintang sewu
sunset di bukit lintang sewu. foto : @amaliashol

Lokasinya yang tak jauh dari Hutan Pinus Mangunan membuat Bukit Lintang Sewu cepat populer di kalangan wisatawan, terutama anak muda yang hobi berfoto.


Karena Bukit Lintang Sewu memiliki pemandangan alam yang tak diragukan lagi keindahannya, terutama ketika senja datang. Di Bukit Lintang Sewu ini kita akan disuguhkan cantiknya sunset dibalik perbukitan.

Sekedar informasi buat kamu, nama Bukit Lintang Sewu diambil dari Bahasa Jawa yang berarti “Bukit Seribu Bintang”.

Kenapa dinamakan begitu?
Karena selain bisa melihat cantiknya sunset, di Bukit Lintang Sewu Dlingo ini kita juga bisa melihat indahnya kerlap-kerlip lampu kota ketika malam hari yang nampak seperti bintang di bumi. Sekilas mirip dengan nama Bukit Bintang di Gunung Kidul ya?

bukit lintang sewu dlingo
salah satu gardu pandang di bukit lintang sewu. foto : @romelmela

Kerennya lagi, apabila cuaca sedang cerah, kita juga bisa melihat deretan pegunungan Manoreh, Gunung Merbabu, Gunung Merapi hingga Gunung Sumbing.

Bukit Lintang Sewu ini langsung menghadap ke arah barat, karena itu lokasi ini sangat cocok untuk melihat sunset, tapi kurang cocok untuk melihat sunrise.

Di puncak Bukit Lintang Sewu juga terdapat beberapa gardu pandang dan bangunan mirip candi yang bisa kita gunakan untuk berfoto ria, selain itu puncak Bukit Lintang Sewu juga cukup luas, jadi sangat cocok untuk camping.

bukit lintang sewu jogja
spot foto candi. foto : @pasangantrip



Fasilitas :
  • Tempat Parkir
  • Camping Ground
  • Gazebo
  • Gardu Pandang
  • Dan masih banyak lagi.


Harga Tiket Masuk Bukit Lintang Sewu :
Rp. 3.000

Akomodasi (Penginapan)
Sudah terdapat penginapan tak jauh dari tempat wisata alam Bukit Lintang Sewu, tapi agar menghemat biaya, kamu bisa berkemah di kawasan Bukit Lintang Sewu.





Lokasi :

  • Alamat ; Dusun Karangasem, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.
  • 21 Km dari pusat Kota Jogja melalui Jl. Pathuk - Dlingo (50 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)






Rute Menuju Bukit Lintang Sewu Dlingo

Ada dua cara untuk bisa sampai di Bukit Lintang Sewu, pertama kamu bisa melalui rute Jalur Imogiri-Dlingo dari Kabupaten Bantul.
Dan yang kedua melalui Jalur Pathuk Dlingo dari Kabupaten Gunung Kidul

Selisih waktu dari kedua jalur apabila ditembuh dari Kota Jogja tidaklah jauh, hanya saja lebih disarankan untuk melalui jalur pertama, karena apabila kita melalui jalur pertama kita juga akan melewati beberapa tempat wisata lain seperti Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus Mangunan.

Lokasi Bukit Lintang Sewu ini setelah Hutan Pinus Mangunan tapi sebelum Hutan Pinus Dahromo.





Tips Berlibur ke Bukit Lintang Sewu Dlingo:

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Bukit Lintang Sewu adalah saat sore hari (setelah sholat ashar) untuk melihat sunset dan malam hari untuk melihat keral-kerlip lampu kota.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.
  • Apabila kamu ingin camping, bawalah peralatan sendiri.






Lihat peta cara menuju ke bukit lintang sewu






Wisata Terdekat dari Bukit Lintang Sewu (- 1 Jam):

Hutan Pinus Mangunan (16 menit)
Hutan Pinus Mangunan merupakan wisata hutan pinus paling populer di Jogja, bagi kamu pecinta fotografi, kamu wajib datang kesini.

Kebun Buah Mangunan (26 menit)
Ini dia pelopor wisata bukit di Bantul, di Kebun Buah Mangunan kita bisa melihat indahnya alam Kabupaten Bantul dari ketinggian dengan Sungai oya yang mengalir dibawahnya layaknya sungai amazon mini.

Puncak Becici (9 menit)
Puncak Becici memiliki konsep yang sama dengan Watu Payung Panggang dan Kebun Buah Mangunan, hanya saja Puncak Becici lebih sederhana.

Seribu Batu Songgo Langit (21 menit)
Seribu Batu Songgo Langit merupakan tempat wisata alam yang menggabungkan antara wisata bukit dan wisata hutan pinus, sebab di sini kita bisa melihat hutan pinus dengan banyak bebatuan besar dan juga bisa melihat sunset dari atas bukit.

Watu Payung Panggang (54 menit)
Watu Payung Panggang merupakan wisata bukit yang hampir sama dengan Puncak Becici, Watu Payung Panggang bisa menjadi wisata alternatifmu.

Hutan Pinus Pengger (5 menit)
Bagi kamu yang mencari wisata hutan pinus dengan konsep baru, maka datanglah ke Hutan Pinus Pengger saat malam hari, kita bisa berfoto dengan background yang sangat unik dan cantik.

Bukit Panguk (34 menit)
Bukit Panguk hampir sama dengan Bukit Lintang Sewu, tapi Bukit Panguk lebih cocok untuk melihat sunrise.

Jurang Tembelan (9 menit)
Karakteristik dari Jurang Tembelan tak jauh berbeda dengan Bukit Lintang Sewu, dan pemandangannya hampir sama dengan Kebun Buah Mangunan.




Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar