Skip to main content

Pantai Melasti, Pantai Tersembunyi di Bali yang Memikat Hati

Pulau Dewata menawarkan banyak sekali wisata dengan berbagai macam pantai, dari pantai nyang nyang yang susah dijangkau hingga pantai kuta yang menjadi ikon wisata utama di Bali, tapi apakah kamu tahu tentang Pantai Melasti ?

foto pantai melasti ungasan 
sunset di pantai melasti. foto : @putuedhi

Objek wisata Pantai Melasti terletak di Desa Ungasan, Kuta Selatan, Badung, Pantai Melasti ini menawarkan keindahan pasir putih dan pemandangan pantai dari atas tebing setinggi 100 meter yang sangat indah.




Apa yang Menarik di Pantai Melasti ?

Walaupun masih kalah populer dengan pantai-pantai lainnya di Bali, namun kenyataanya pemandangan yang dimiliki tempat wisata Bali ini tak kalah indah dengan tempat wisata populer lainnya lho.

pantai melasti ungasan
pemandangan di pantai melasti. foto : @ardanadhi

Karakter dari Pantai Melasti hampir sama dengan Pantai Pandawa dimana selama perjalanan menuju lokasi kita akan disuguhkan pemandangan tebing-tebing besar yang mengapit di setiap sisi jalan, namun banyak juga yang mengatakan jika Pantai Melasti lebih indah daripada Pantai Pandawa.

Puas bermain air di pantai, cobalah naik keatas tebing di sebelah pantai, di atas tebing kamu bisa melihat keindahan Pantai Melasti dari sudut pandang yang berbeda, sejenak bersantai di atas tebing menjauh dari keramaian kota bisa menjadi pilihan liburanmu ketika weekend.

Walaupun Pantai Melasti merupakan pantai yang menghadap ke arah selatan, namun pemandangan sunset juga bisa dilihat dari pantai ini lho, jadi apabila kamu mencari tempat wisata alternatif di Bali untuk melihat indahnya sunset, Pantai Melasti bisa menjadi pilihanmu.

Momen terbaik adalah ketika Pantai Melasti sedang surut, saat itu kita bisa berjalan-jalan di bebatuan karang sepanjang pantai, pemandangan Pantai Melasti ketika surut memang sangat indah, bebatuan karang membentuk kolam-kolam kecil alami yang terlihat unik.

foto pantai melasti ungasan

pantai melasi saat surut. foto : @dedeputera

Hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari lapangan desa ungasan yang pernah digunakan untuk syuting film Hollywood "Eat Pray Love" yang dibintangi oleh Julia Robert. Pantai Melasti diresmikan menjadi tempat wisata pada bulan juli 2015.

Nama Melasti diambil dari sebuah upacara tradisional Bali bernama melasti yang sering dilakukan umat hindu di Bali, yaitu upacara mensucikan diri dengan berendam di laut sebelum menyambut tapa brata pada hari raya Nyepi.



Fasilitas :

  • Tempat Parkir
  • Toko Souvenir
  • Warung Makan
  • Villa
  • Dan masih banyak lagi.


Harga Tiket Masuk Pantai Melasti :
Hanya membayar parkir.


Akomodasi (Penginapan)
Sudah terdapat banyak hotel dan villa disekitar kawasan wisata Pantai Melasti, salah satu hotel terdekat yang cukup populer adalah Banyan Tree Hotel and Resort.

Nama :
Banyan Tree Hotel Ungasan

Lokasi :
Jl. Melasti, Banjar Kelod, Uluwatu, Bali

Jarak dari Pantai Melasti :
2 km (sekitar 20 menit)

Harga :
Rp. 800.000 - Rp. 15.000.000/malam

Cek dan Booking Sekarang!



Lokasi :



  • Alamat ; Desa Ungasan, Kuta Selatan, Badung, Bali
  • Sekitar 30 menit dari Pusat Kota Denpasar
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Rute Menuju Wisata Pantai Melasti 

Akses menuju Pantai Melasti bisa dibilang cukup mudah, dari Jimbaran kamu tinggal menuju ke arah GWK, lalu terus saja hingga perempatan setelah gerbang utama GWK dimana jika lurus menuju ke Uluwatu – Pantai Padang Padang (Labuan Sait), Pantai Suluban (Blue Point), dan apabila belok ke kanan akan menuju Pantai Balangan.

Ambil jalur ke kanan tersebut lalu belok kiri melewati jalan Pura Batu Pageh yang masih satu jalur dengan Pantai Pandawa.

Lanjutkan perjalananmu menuju ke Balai Banjar Kelod Desa Ungasan hingga kamu sampai di Jalan Melasti, ikuti jalan tersebut hingga kamu menemukan Banyan Tree Hotel and Resort.

Dari situ beloklah ke kiri di depan hotel tersebut dan teruslah berkendara melewati tebing-tebing kapur disamping jalan hingga kamu sampai di tempat parkir Pantai Melasti.





Tips Berlibur Ke Pantai Melasti

  • Waktu terbaik untuk berkunjung di Pantai Melasti adalah saat sore hari, sebab sinar matahari sudah tidak terlalu terik dan kita juga bisa melihat sunset.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu menaati aturan ya.
  • Momen terbaik adalah ketika Pantai Melasti sedang surut, walaupun saat pasang juga tak kalah indah namun saat surut kita bisa menemukan kolam-kolam kecil alami disepanjang pantai.
  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.










Wisata Terdekat Dari Pantai Melasti (- 1 Jam) :

Pantai Pandawa (14 menit)

Pantai Padang Padang (25 menit)

Pantai Greenbowl (12 menit)

Garuda Wisnu Kencana (18 menit)

Pura Luhur Uluwatu (26 menit)

Pantai Dreamland (12 menit)

Tanjung Benoa (42 menit)




Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar