Skip to main content

9 Tempat Paling Romantis di Semarang [Update]

Sebagai ibu kota provinsi Jawa Tengah, Semarang tentunya menjadi salah satu destinasti wisata favorit di Jawa Tengah. Di Semarang sendiri terdapat banyak sekali jenis wisata, mulai dari wisata religi, sejarah, alam, hingga kuliner.

Nah, dari banyaknya wisata di Semarang, terdapat beberapa wisata yang memiliki suasana cukup romantis, bagi kamu yang sedang mencari tempat romantis di Semarang, di bawah ini Brobali.com sudah merangkumnya. Apa sajakah itu?

Yuk kita simak!


Bukit Cinta Rawa Pening

bukit cinta rawa pening romantis
bukit cinta foto IG @ilyasnabawi_

Bukit Cinta Rawa Pening merupakan objek wisata alam yang berlokasi di Ambarawa, tepatnya di drkat Rawa Pening. Setelah dilakukan renovasi pada tahun 2019, kini Bukit Cinta Rawa Pening menjadi salah satu tempat wisata romantis di Kabupaten Semarang yang tidak boleh dilewatkan.

Disini kita bisa berjalan-jalan, duduk santai atau berkeliling Rawa Pening menggunakan perahu, seru kan?


Lokasi : Kebondowo, Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.




Lawang Sewu

foto keren pemandangan di lawang sewu semarang
lawang sewu foto IG @bangkitbagaskr

Salah satu tempat wisata yang terbilang cukup romantis di pusat kota Semarang adalah Lawang Sewu, ya, siapa yang tidak tahu tentang Lawang Sewu, tempat wisata ini sudah menjadi ikon pariwisata di Semarang.

Lawang Sewu memiliki arsitektur yang cukup menarik dan fotogenik. Sebenarnya Lawang Sewu tidak memiliki seribu pintu layaknya nama tempat itu sendiri, namun karena terlalu banyak pintu di bangunan ini jadi untuk mempermudah disebut saja dengan nama Lawang Sewu (Pintu Seribu). *mungkin.

Ajaklah pasanganmu berlibur kesini, berkeliling di Lawang Sewu melihat keunikan arsitektur bangunan bersama pasangan menjadikan suasana kian romantis, tentunya pasangan halalmu ya guys.

Apalagi jika kamu datang ketika sore menjelang malam, kamu akan disuguhkan lampu-lampu cantik yang menghiasi bangunan Lawang Sewu. Oh iya, sekarang HTM di Lawang Sewu Rp. 10.000/orang.

Lokasi : Komplek Tugu Muda, Jalan Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah.






Citra Grand

foto citra grand semarang
citra grand. foto IG @andi_apallya

Citra Grand merupakan salah satu perumahan elit di Semarang, perumahan ini mengusung konsep City Of Festival, dimana terdapat taman dan wahana bermain yang bisa kita coba. Salah satu wahana populer di Citra Grand Semarang adalah Bianglala yang memiliki tinggi sekitar 30 meter.

Setiap harinya Citra Grand selalu ramai oleh pengunjung, terutama kalangan anak muda, biasanya mereka datang di malam hari untuk merasakan suasana yang lebih nyaman. Nah, kamu bisa mengajak pasangan halalmu naik Bianglala di kawasan Citra Grand ini guys.

Dengan ketinggian 30 meter, kita bisa melihat Kota Semarang dari atas, pemandangan dan suasananya akan membuatmu terlihat seperti pasangan romantis ketika mengajak pasangan datang kesini.

Lokasi : Jl. Kompol R. Soekanto, Sambiroto, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah.






Sam Poo Kong

foto sam poo kong semarang keren
sam poo kong. foto IG @iphinuno

Sam Poo Kong adalah sebuah tempat wisata bernuansa Budha, karena memang Sam Poo Kong merupakan bangunan Klenteng yang digunakan untuk beribadah para umat Budha di Semarang.

Namun terlepas dari fungsi utamanya itu, Sam Poo Kong ternyata memiliki pemandangan dan arsitektur yang keren loh.

Klenteng Sam Poo Kong merupakan peninggalan Laksamana Cheng Ho.

Bagi kamu yang sedang mencari tempat wisata sederhana namun menyenangkan dan cukup murah,  Sam Poo Kong bisa menjadi salah satu pilihanmu.

Setiap harinya Sam Poo Kong selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama kalangan anak muda, di sini kita bisa berkeliling Klenteng atau hanya sekedar duduk bersantai di kursi-kursi yang sudah disediakan.

Lokasi : Simongan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.





Bukit Gombel

foto pemandangan dari bukit gombel semarang
bukit gombel. foto IG @adityanurfadly

Nah, kalau tempat yang satu ini pasti semua setuju jika Bukit Gombel merupakan salah satu tempat paling romantis dan direkomendasikan di Semarang.

Bukit Gombel terletak di dataran tinggi Semarang, bukit ini menawarkan pemandangan kota Semarang dari ketinggian yang terlihat sangat cantik.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Bukit Gombel adalah saat malam hari, dari bukit ini kita bisa melihat kerlap-kerlip lampu kota Semarang yang terlihat layaknya bintang di Bumi. Mengajak pasangan bersantai di Bukit Gombel ditemani dengan pemandangan indah dan jagung bakar akan membuatmu betah berlama-lama disini.

Lokasi : Jl. Setyabudi, Semarang, Jawa Tengah







Pantai Marina

foto sunset di pantai marina semarang
pantai marina @mhdbalae

Beralih sejenak ke wisata pantai, di Semarang terdapat pantai yang sudah sangat populer, yaitu Pantai Marina.

Memang pemandangan di Pantai Marina tak seindah layaknya pantai-pantai di Bali maupun Lombok. Walaupun begitu, objek wisata Semarang satu ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Waktu terbaik untuk berrkunjung ke Pantai Marina yaitu saat sore, di sinii kita bisa melihat indahnya sunset dengan suara deburan ombak yang menghantam bebatuan.

Tapi, jangan lupakan kewajiban sebagai umat islam untuk sholat maghrib ya guys. Pantai Marina ini memiliki HTM Rp. 5.000/orang

Lokasi : Jalan Yos Sudarso, kompleks PRPP (singkatan dari Pekan Raya Promosi dan Pembangunan), kelurahan Tawangsari, Semarang Barat, Semarang, Jawa Tengah.





Candi Gedong Songo

foto pemandangan indah di candi gedong songo semarang
candi gedong songo. foto IG @liarahma05 

Inilah tempat wisata alam yang sangat populer di Kabupaten Semarang, Candi Gedong Songo merupakan sebuah komplek candi yang terletak di lereng gunung Ungaran, komplek ini tebilang cukup luas karena tersebar di lereng gunung Ungaran dari bawah hingga atas.

Di Gedong Songo sendiri terdapat 5 Candi utama, untuk menuju ke Candi V (5) kamu harus berjalan sekitar 30 menit dari tempat parkir.

Ajaklah pasangan halalmu berkeliling dari Candi I hingga Candi V, selama perjalanan kamu bisa membahas banyak hal, contohnya pemandangan indah yang ditawarkan objek wisata ini.

Disini kita bisa melihat samar-samar gunung Merbabu dan Sumbing yang terlihat gagah berdiri, selain itu kamu juga bisa berkeliling dengan menunggangi kuda loh.

Di kawasan wisata ini juga terdapat pemandian air panas yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit guys, karena airnya merupakan campuran belerang, tertarik ?

Lokasi : Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang






Setiya Aji Flower Farm

kebun bunga bandungan
setiya aji flower farm. foto brobali.com

Setiya Aji Flower Farm merupakan kebun bunga krisan yang terletak di Bandungan, tempat wisata satu ini sudah cukup populer dikalangan anak muda, terutama para cewek.

Nah bagi kamu yang sedang mencari wisata romantis murah di Bandungan, datang saja ke Setiya Aji Flower Farm.

Di kebun bunga Bandungan ini kita bisa melihat cantiknya warna warni bunga krisan, selain itu kita juga bisa membeli bunganya sebagai souvenir juga loh.

Lokasi : Dusun Ngasem, Desa Jetis, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.



Basecamp Mawar

wisata romantis semarang bc mawar
suasana ketika malam. foto IG @setyototoque

Bagi orang yang hobi naik gunung, Basecamp Mawar sudah biasa menurut mereka, tapi untuk orang yang jarang naik gunung akan menganggap Basecamp Mawar termasuk salah satu tempat wisata romantis di Semarang.

Bagaimana tidak, di Basecamp Mawar kita bisa melihat sunrise, berfoto dengan background unik, atau sekedar ngobrol di depan tenda sambil minum kopi bersama pasangan. Setiap harinya Basecamp Mawar selalu ramai dikunjungi wisatawan, mereka lebih memilih ngecamp di Basecamp dibanding mendaki sampai puncak gunung Ungaran.





Nah, itulah beberapa tempat wisata romantis di Semarang yang bisa kamu kunjungi bersama pasangan. Sedikit saran, jika kamu ingin lebih puas berkeliling di tempat-tempat wisata tersebut, datanglah ketika hari biasa (senin-kamis) karena biasanya saat hari libur dan weekend akan ramai pengunjung.

Jika kamu ada saran objek wisata romantis lain di Semarang, jangan lupa tulis di kolom komentar ya.
See you..




Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar