Skip to main content

Rute Semua Jalur Pendakian Gunung Telomoyo [Sepakung & Pandean]

Dari banyaknya gunung di Kabupaten Magelang, mana saja yang sudah pernah kamu daki? si mungil Andong, Merbabu, Sumbing atau Telomoyo?

foto landasan paralayang puncak gunung telomoyo
landasan paralayang tertinggi di Indonesia. foto instagram : @rianpict

Kabupaten Magelang ini satu-satunya kabupaten di Jawa Tengah yang dikelilingi oleh beberapa gunung dengan pemandangan indah loh. Nah, dari banyaknya gunung di Magelang, ada satu gunung yang cukup unik.

Yaitu Gunung Telomoyo, gunung satu ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Magelang dan Semarang.

Gunung Telomoyo sendiri memiliki ketinggian 1894 Mdpl, lebih tinggi sedikit dari Gunung Andong yang mempunyai ketinggian 1726 Mdpl.

Gunung Telomoyo termasuk gunung api berbentuk stratao (kerucut) yang berada di antara Gunung Merbabu, Ungaran dan Andong, tapi sejauh ini gunung unik tersebut belum pernah meletus. (Wikipedia)

Gunung Telomoyo dapat kita lihat dari kota-kota terdekat seperti Salatiga, Magelang, Temanggung dan Semarang, walaupun masih kalah populer dengan gunung-gunung lainnya, namun Gunung Telomoyo tak boleh kamu kesampingkan.

Dengan ketinggian 1894 Mdpl, Gunung Telomoyo menawarkan pemandangan yang tak kalah indah dari para tetangganya, dari puncak Telomoyo kita bisa melihat deretan gunung tinggi lainnya, seperti Lawu, Sumbing, Sindoro dan Prau. Tak hanya itu saja, dari puncak kita juga dapat melihat luasnya danau Rawa Pening loh guys.

foto jalan menuju puncak gunung telomoyo
jalan menuju puncak telomoyo. foto : http://www.ardiyanta.com/


Dimana Jalur Pendakian Gunung Telomoyo?

Ada 2 jalur yang bisa Kita gunakan untuk mendaki di Gunung Telomoyo ini, pertama lewat Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, dan kedua lewat Sepakung, Banyubiru, Kabupaten Semarang.

puncak gunung telomoyo
spot paralayang. foto IG @danarsibolang

Oh iya, di puncak Gunung Telomoyo ada landasan paralayang guys. Disitu kita bisa duduk-duduk santai sembari melihat pemandangan sekitar. Landasan paralayang ini merupakan spot paling favorit bagi wisatawan untuk berfoto. Kata mereka sih spotnya instagramable banget.

Berbeda dengan kebanyakan gunung dimana kita harus bersusah-susah mendaki untuk bisa sampai di puncaknya, di Gunung Telomoyo kita tidak perlu menguras tenaga dengan berjalan kaki karena sudah terdapat jalan beraspal dari bawah hingga puncak.

Karena di puncak Telomoyo terdapat stasiun pemancar milik Telkom dan landasan paralayang, agar lebih mudah mengaksesnya maka dibuatlah jalan itu, yaitu berupa jalan aspal.


Jalur Pendakian Gunung Telomoyo via Pandean Magelang

Walaupun jalannya berupa aspal, tapi tetap saja dibutuhkan kendaraan prima untuk dapat sampai di puncaknya, kita tidak akan selalu menemukan jalanan mulus layaknya di Kabupaten Karanganyar, sepanjang perjalanan kita akan menemui beberapa bagian jalan yang sudah rusak, namun inilah tantangan yang membuat pendakianmu makin seru.

Jalan menuju puncak Telomoyo cukup menanjak dengan jalur yang sempit, hanya pas untuk satu mobil saja, jadi lebih disarankan untuk menggunakan motor.

Sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan alam Kota Salatiga, Kabupaten Magelang dan Semarang yang terlihat mengagumkan.

gunung telomoyo semarang
view sindoro sumbing. foto https://www.instagram.com/mad_scape/

Untuk bisa sampai di puncak Gunung Telomoyo menggunakan motor kita hanya membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit saja, tapi apabila kamu berjalan kaki bisa memakan waktu sekitar 2 jam. Puncak Telomoyo ditandai dengan adanya stasiun Telkom dan landasan paralayang.

Landasan paralayang inilah yang menjadi spot foto paling populer dan favorit di Gunung Telomoyo, selain itu selama perjalanan kita juga akan menemukan air terjun mini loh, tapi aliran air di air terjun tersebut tidaklah deras.

Baca Juga :
Peraturan tak tertulis yang harus ditaati semua pendaki gunung
Rute pendakian gunung kembang via blembem



Jalur Pendakian Gunung Telomoyo via Sepakung Banyubiru

Untuk bisa sampai di jalur Sepakung sendiri Kamu tinggal menuju ke Desa Sepakung, Kamu bisa baca rutenya di artikel Desa Wisata Sepakung. Sesampainya disana Kamu tinggal bertanya ke warga sekitar saja.

Atau kamu juga bisa mengikuti rute di bawah ini.
Untuk kamu yang ingin ke Gunung Telomoyo Via Sepakung dari arah Kota Semarang, silahkan ambil arah menuju Bawen, ketika sudah sampai di pertigaan Bawen kamu belok kanan arah ambarawa, lalu sekitar 1 km dari situ silahkan belok kiri masuk jalan lingkar.

Sesampainya di perempatan traffic light belok kiri ke arah Muncul Banyubiru. Setelah sampai di pertigaan pos ojek tegaron, silahkan masuk gang desa di kanan jalan. Dari situ tinggal ikuti saja petunjuk ke sepakung pager gedog telomoyo.

Oh iya, untuk HTM (tiket masuk/retribusi) Gunung Telomoyo saat ini Rp.5.000/orang saja, cukup murah bukan?

gunung telomoyo via sepakung
jalan via sepakung. foto https://www.instagram.com/leonarvin_/

Nah, sekarang dari 2 jalur tersebut mana yang paling direkomendasikan untuk dilalui?

Saat ini tentu jawabannya adalah jalur via Sepakung di Banyubiru Semarang sebab jalan disana sudah aspal halus dibandingkan via Magelang. (Lihat foto di atas)



Tips Mendaki di Gunung Telomoyo :

  • Waktu terbaik untuk mendaki di Gunung Telomoyo adalah ketika sunrise dan sore hari.
  • Baik mendaki dengan berjalan kaki ataupun menggunakan kendaraan tidak menjadi masalah, silahkan sesuaikan dengan selera masing-masing.
  • Jika menggunakan kendaraan, lebih disarankan untuk menggunakan motor dengan syarat motor dalam keadaan prima agar kuat sampai puncak. karena jalannya yang sangat rusak.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu menaati aturan ya guys.
  • Jika menggunakan motor matic pastikan saat turun sering berhenti agar rem tidak panas, dan jangan lupa disiram menggunakan air ya.



Nah, itulah tips dan info mengenai Gunung Telomoyo, gunung yang terletak di Kabupaten Magelang dan Semarang, walaupun tak terlalu populer, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba mendaki disini, terutama bagi kamu yang ingin mendaki gunung tapi tidak mau capek berjalan.




Seluruh artikel di situs ini akan selalu diupdate jika ada informasi baru, jadi tetap kunjungi Brobali agar tidak ketinggalan ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar