Skip to main content

Info Lengkap Puncak Kosakora, Bukit Cantik di Samping Pantai Drini Jogja

puncak kosakora

Gunung Kidul merupakan salah satu Kabupaten di Jogja yang terkenal memiliki banyak sekali wisata alam, terutama wisata pantai dan goa.

Tapi selain dua jenis wisata alam tersebut, masih terdapat wisata alam menarik lainnya yang bisa kita kunjungi, salah satunya adalah Bukit Kosakora.
puncak bukit kosakora
puncak bukit kosakora. foto : @givaldonovel






Apa yang Menarik di Bukit Kosakora ?

Bukit Kosakora atau biasa dikenal juga dengan nama Puncak Kosakora merupakan sebuah bukit yang terletak di kawasan Pantai Drini.

bukit kosakora gunung kidul
suasana di puncak kosakora. foto : @tyogprastio

Bukit Kosakora memiliki ketinggian kurang lebih 50Mdpl. Walaupun tidak terlalu tinggi, kamu jangan kecewa dulu karena Bukit Kosakora ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah.

Kamu sudah tahu tentang Bukit Merese ? jika iya, tentu kamu sudah bisa membayangkan bagaimana pemandangan di Puncak Kosakora.

Lokasinya yang berada di pinggir laut membuat pemandangan di Puncak Kosakora sangat mempesona. Di puncaknya kita bisa melihat hamparan laut biru dan perbukitan di Gunung Kidul.

Di Puncak Kosakora ini kita tak hanya bisa melihat pemandangan laut saja, jika kita melihat ke arah timur kita akan melihat Pantai Kukup, sedangkan apabila kita melihat kearah barat maka kita bisa melihat Pantai Drini.


Di puncak Bukit Kosakora ini kita juga bisa menimati cantiknya sunrise dan sunset Gunung Kidul, bahkan Mercusuar di Pantai Baron yang letaknya cukup jauhpun bisa terlihat dari puncak Bukit Kosakora.

sunset di puncak kosakora
sunset di puncak kosakora. foto : @sovisafitri_

Biasanya wisatawan yang datang ke Bukit Kosakora berniat untuk camping, Puncak Kosakora memang cukup luas, dapat menampung lebih dari 5 tenda, jadi sangat cocok untuk digunakan camping ceria.

UPDATE :
Sekarang Bukit Kosakora dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian yang dikelola oleh warga sekitar dan bagian yang dikelola oleh investor bernama Amarei Hill. Walaupun namanya berbeda, tapi lokasinya tetap sama, yaitu di Bukit Kosakora.

Baca juga :
Daftar tempat wisata romantis di Jogja.
Daftar tempat keren untuk foto prewedding di Jogja.


jalur menuju puncak kosakora
jalur menuju puncak kosakora. foto : @irairceu



Fasilitas :
Tidak ada fasilitas umum di Bukit Kosakora, seluruh fasilitas berada di Pantai Drini.

Harga Tiket Masuk Bukit Kosakora :
Rp. 10.000 (Retribusi Portal Pantai Baron)
Rp. 2.000/orang (tiket Bukit Kosakora)

Rp. 3.000/parkir motor Pantai Drini
Rp. 5.000/parkir mobil Pantai Drini

Rp. 10.000 (Camping di Puncak Kosakora)

Jam Buka :
24 jam
Setiap Hari

Akomodasi (Penginapan)
Untuk penginapan, sudah terdapat beberapa hotel tak jauh dari Pantai Drini, tapi untuk menghemat biaya, kamu bisa camping di Bukit Kosakora atau di Pantai Ngrumput dan Pantai Watu Bolong.





Lokasi :

  • Alamat : Banjarejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja.
  • 61 Km dari pusat Kota Jogja melalui Jl. Pantai Selatan Jawa (1 jam 45 menit)
  • 27 Km dari Wonosari melalui Jl. Pantai Selatan Jawa (44 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)





Rute Menuju Bukit Kosakora Gunung Kidul

Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, ada tiga rute yang bisa kamu pilih, diantaranya :
Rute pertama: 
Yogyakarta - Piyungan - Patuk - Gading - Wonosari - Jl. Baron - Baron - Kukup - Pantai Drini - Puncak Kosakora

Rute kedua:
Yogyakarta - Bantul - Parangtritis - Panggang - Saptosari - Baron - Kukup - Pantai Drini - Puncak Kosakora

Rute ketiga:
Yogyakarta - Piyungan - Patuk - Gading - Siono - Wonosari - jl.Baron (pertigaan mulo ambil arah kiri) - Tepus (ambil arah kanan menuju Pantai Indrayanti) - Indrayanti - Sundak - Krakal - Pantai Drini - Puncak Kosakora.

Apabila kamu menggunakan kendaraan umum, bisa mengikuti tips dibawah ini :
Dari  Yogyakarta - Terminal Giwangan, silahkan naik bus jurusan Wonosari turun di terminal Wonosari lalu dilanjutkan menggunakan minibus jurusan Kemadang turun di Kemendang.
Sesampainya di Kemadang, lanjutkan perjalanan menggunakan ojek untuk menuju Pantai Drini.

Setelah sampai di Pantai Drini, apabila kamu menggunakan kendaraan pribadi, disarankan untuk memarkirkannya di Pantai Drini. Lalu kamu bisa menuju ke bukit sebelah timur Pantai Drini.

Dari situ sudah disediakan tangga menuju keatas bukit pertama. Di bukit tersebutlah kita juga bisa menuju ke Pantai Ngrumput dan Pantai Watu Bolong.

Setelah sampai di puncak bukit pertama, lalu kita harus menuruni bukit tersebut, dibawah sana kita akan disambut dengan padang rumput yang cukup fotogenik. Selanjutnya kita masih harus menaiki bukit kedua .

Setelah melewati bukit kedua inilah akan terdapat petunjuk menuju Pantai Ngrumput dan Bukit Kosakora. Silahkan mengikuti petunjuk menuju Bukit Kosakora, maka kamu akan sampai di lokasi.





Tips Berlibur ke Bukit Kosakora Gunung Kidul :

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Bukit Kosakora adalah di hari biasa (senin-kamis).
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk kegiatan outdoor.
  • Pastikan kamu membawa makanan dan minuman sendiri untuk berjaga-jaga apabila warung tutup.
  • Lebih disarankan menggunakan kendaraan pribadi,
  • Agar menghemat biaya, kamu bisa mendirikan tenda di Pantai Ngrumput atau Pantai Watu Bolong karena sekarang camping di Bukit Kosakora cukup mahal.
  • Sangat cocok untuk berburu sunrise dan sunset.





Lihat peta cara menuju ke puncak kosakora




Wisata Tedekat dari Bukit Kosakora (- 1 Jam):

Pantai Drini (2 menit)
Pantai Drini merupakan salah satu pantai cantik di Gunung Kidul, untuk menuju ke Puncak Kosakora sendiri kita akan melewati Pantai Drini, jadi kamu bisa mampir sejenak untuk mandi atau sekedar beristirahat.

Pantai Kukup (11 menit)
Banyak yang mengatakan jika Pantai Kukup merupakan pantai terindah di deretan pantai Gunung Kidul, karena di pantai ini terdapat pulau karang dan kolam-kolam karang alami.

Pantai Sepanjang (9 menit)
Banyak yang mengatakan jika Pantai Sepanjang memiliki karakteristik yang mirip dengan Pantai Kuta Bali pada zaman dahulu.

Pantai Ngrumput (5 menit)
Pantai Ngrumput adalah pantai yang terletak di sebelah Bukit Kosakora, saat menuju Puncak Kosakora kita akan melewati pantai ini.

Pantai Watu Bolong (6 menit)
Sama halnya dengan Pantai Ngrumput, saat menuju ke Puncak Kosakora kita juga akan melewati Pantai Watu Bolong, kedua pantai ini masih cukup alami.





Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar