Top 7 Tempat Disekitar Borobudur yang Cocok Untuk Melihat Sunrise


Mengawali pagi dengan melihat indahnya matahari terbit memang sangat menyenangkan, di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali tempat-tempat keren yang bisa kita gunakan untuk melihat sunrise, nah bagi kamu yang sedang menginap disekitaran Borobudur namun tidak bisa melihat sunrise di Candi Borobudur itu sendiri karena terkendala biaya, tidak ada salahnya kamu mengunjungi tempat-tempat kece dibawah ini.

Tempat-tempat ini terletak tak jauh dari Candi Borobudur, bahkan dibeberapa tempat kita bisa melihat Candi Borobudur yang sedang diselimuti kabut, pemandangan tersebutlah yang menjadikan tempat-tempat wisata sekitar Borobudur ini layak kamu kunjungi, lalu tempat apa sajakah itu? Yuk kita simak.



Punthuk Setumbu


foto sunrise di punthuk setumbu magelang
sunrise cantik di punthuk setumbu. foto : rezzyattamimi


Ya, tempat pertama yang wajib kita kunjungi di sekitar Borobudur adalah Punthuk Setumbu, siapa yang tidak tahu dengan tempat wisata satu ini, Punthuk Setumbu sudah sangat populer dikalangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Punthuk Setumbu sendiri masih terletak di Kabupaten Magelang, di bukit yang tidak terlalu tinggi tersebut kita bisa melihat indahnya sunrise dan pemandangan Candi Borobudur yang sedang diselimuti kabut, pemandangan tersebut layaknya pemandangan di Bagan, Myanmar.

Setiap harinya objek wisata Punthuk Setumbu selalu ramai dikunjungi wisatawan, daya tarik utama wisata ini memang terletak di pemandangan sunrisenya, ketika siang Punthuk Setumbu tak terlalu ramai oleh wisatawan bahkan terkesan biasa.

Baca juga : Punthuk Setumbu, spot keren untuk melihat sisi lain Candi Borobudur



Gereja Ayam Bukit Rhema


foto gereja ayam bukit rhema magelang
view dari puncaknya keren lho. foto : ririndumma


Tak jauh dari Punthuk Setumbu, terdapat sebuah tempat yang cukup artistik dan fotogenik, yaitu Gereja Ayam, sebuah bangunan yang diperuntukkan untuk tempat ibadah ini memiliki bentuk layaknya sebuah ayam, namun sebenarnya bangunan ini dibangun menyerupai burung lho bukan ayam.

Gereja Ayam kian populer setelah digunakan sebagai lokasi syuting sebuah film legendaris Indonesia, di puncak bangunan tepatnya di mahkotanya kita bisa melihat pemandangan alam Magelang yang sangat indah, lokasi ini juga sangat cocok untuk hunting foto dan melihat sunrise.



Punthuk Mongkrong


foto sunrise di punthuk mongkrong magelang
sunrise di punthuk mongkrong. foto : tangguhgiri


Punthuk memiliki arti sebuah dataran yang menjulang tinggi, nah di Magelang memang terdapat beberapa tempat wisata yang namanya diawali dengan kata Punthuk, salah satunya adalah Punthuk Mongkrong ini.

Jika di Punthuk Setumbu kita melihat pemandangannya tepat diatas bukit saja, di Punthuk Mongkrong kita akan diberikan sensasi berbeda dengan melihat pemandangan di sebuah jembatan bambu yang menjorok keluar tebing.

Tempat wisata Punthuk Mongkrong terletak di Dusun Kedu, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dan masuk dalam kawasan Perbukitan Menoreh, Punthuk Mongkrong menawarkan pemandangan alam Magelang yang sangat mempesona dengan background gunung Merbabu dan Merapi, tempat wisata ini cocok kamu kunjungi saat sunrise maupun sunset.

Baca juga : Punthuk Mongkrong, spot keren untuk nyantai di Magelang



Punthuk Sukmojoyo


foto sunrise di punthuk sukmojoyo magelang
keren banget sumpah. foto : araslaxmana


Tempat wisata Punthuk Sukmojoyo terletak dibawah Punthuk Mongkrong menjadikan pemandangan disini tak jauh berbeda dengan di Punthuk Mongkrong, yaitu terdapatnya gubuk dan instalasi seperti jembatan yang terbuat dari bambu serta gardu pandang yang dibuat oleh warga sekitar.

Bukan hanya itu, di tempat wisata ini juga terdapat sebuah tulisan besar Sukmojoyo Hill layaknya Hollywood, objek wisata Punthuk Sukmojoyo ini terletak di Dusun Giripurno, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.



Punthuk Kendil Gupak’an


foto sunrise di punthuk kendil magelang
kabut yang menyelimuti magelang dipagi hari. foto : anna5wong


Punthuk Kendil Gupak’an terletak di Dusun Kamal, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, secara geografis Punthuk Kendil Gupak’an masih berada satu deretan dengan Punthuk Sukmojoyo dan Punthuk Mongkrong.

Objek wisata Punthuk Kendil Gupak’an memang lebih cocok untuk melihat megahnya gunung-gunung di Jawa Tengah, di spot ini kita bisa melihat deretan gunung Merbabu, Merapi, Sindoro dan Sumbing yang terlihat menjulang tinggi, namun tidak cocok untuk melihat Candi Borobudur karena terlalu jauh.



Purwosari Hill


foto sunrise di purwosari hill magelang
matahari terbit di purwosari hill. foto : melantikaresa



Purwosari Hill terletak di Dusun Wonotigo, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, tempat wisata satu ini juga cocok untuk melihat megahnya Candi Borobudur, pemandangan di Purwosari Hill tak jauh berbeda dengan Punthuk Setumbu.

Namun dibandingkan dengan Punthuk Setumbu, view Candi Borobudur di Purwosari Hill terlihat sedikit lebih kecil karena memang lokasi Purwosari Hill lebih jauh, tempat wisata ini bisa kamu jadikan alternatif ketika Punthuk Setumbu mulai ramai oleh pengunjung.



Pos Mati Diponegoro


foto sunrise di pos mati magelang
menjelang sunrise di pos mati. foto : sidik_gardu



Pemandangan di Pos Mati Diponegoro ini tak jauh berbeda dengan Purwosari Hill dan Punthuk Setumbu, hanya saja Pos Mati sedikit lebih sepi dibandingkan dengan Punthuk Setumbu yang selalu ramai oleh wisatawan setiap harinya.

Kerennya lagi, tempat wisata ini juga kaya akan sejarah dimana pada zaman dahulu lokasi Pos Mati digunakan oleh pasukan Diponegoro untuk mengintai musuh, Pos Mati Diponegoro terletak di Dusun Secang, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

baca juga : daftar tempat wisata di Magelang yang harus kamu kunjungi



Nah, itulah tempat-tempat keren yang sangat cocok untuk melihat sunrise di sekitaran Borobudur, Jadi dari daftar tempat wisata disekitar Borobudur tersebut, mana favorit kamu ?

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »