Top Selfie Hutan Pinus, Spot Selfie Keren di Magelang


Magelang, sebuah kota yang terletak di provinsi Jawa Tengah ini ternyata menyimpan banyak wisata keren lho, pasti sebagian dari kalain mengira di Magelang hanya terdapat tempat wisata seperti Ketep Pass dan gunung Merbabu saja, namun siapa sangka di kota yang memiliki slogan “Kota Harapan” ini terdapat sebuah objek wisata menarik, namanya Top Selfie Kragilan.

foto top selfie kragilan magelang 
jalan utama di hutan pinus magelang. foto : justinusb


Apa yang Menarik di Top Selfie Kragilan ?

Top Selfie merupakan sebuah kawasan hutan pinus yang terdapat di lereng gunung Merbabu, karakteristik dari objek wisata Top Selfie memang sedikit mirip dengan hutan pinus mangunan di Jogja, sehingga tak sedikit yang mengira jika lokasi ini merupakan Hutan Pinus Mangunan.

Objek Wisata Magelang ini populer setelah foto-foto kerennya tersebar luas di sosial media seperti instagram dan facebook, efek dari sosial media memang sangat besar, setelah fotonya tersebar luas, banyak orang langsung menyerbu Hutan Pinus Magelang ini.

Nama Top Selfie merupakan inisiatif dari warga sekitar, dinamakan demikian karena di Hutan Pinus Magelang ini terdapat banyak sekali spot menarik yang membuat kita untuk segera mengabadikannya kedalam kamera, contohnya saja jalan menuju parkiran, spot tersebut merupakan tempat paling populer dan favorit untuk berfoto disini.

foto hutan pinus kragilan magelang
hutan pinus kragilan. foto : okkydockie

Selain itu, terdapat juga fasilitas penunjang agar foto kita makin menarik, seperti ayunan dan bangunan sederhana yang dibangun dari bambu sehingga terlihat seperti rumah pohon.

Objek wisata Hutan Pinus Magelang atau Top Selfie ini dikelola oleh masyarakat desa sekitar, walaupun begitu, mereka bersungguh-sungguh dalam mengelolanya.

Bahkan sudah terdapat struktur organisasi yang mengatur cara kerja mereka, masyarakat desa tersebutlah yang juga mempromosikan Top Selfie sehingga menjadi salah satu tempat wisata populer di Magelang.

Pesona keindahan Hutan Pinus Top Selfie memang tidak perlu diragukan lagi, rimbunnya pohon pinus menjadikan udara dan suasana terlihat asri nan sejuk, apalagi bagi kamu yang menyukai fotografi, tempat ini sangat cocok untuk hunting fotokeren.

Salah satunya adalah foto landscape dengan menonjolkan sinar cahaya matahari yang menerobos rimbunnya pohon pinus sehingga terlihat seperti menyorot, fenomena itu disebut juga dengan nama Ray Of Light, tak hanya itu, lokasi ini juga sering digunakan sebagai tempat foto prewedding lho.


foto rumah pohon di top selfie magelang 
rumah pohon di top selfie hutan pinus magelang. foto : tyan_christotia



Fasilitas :
  • Warung Makan
  • Tempat Parkir
  • Mushola
  • Spot Foto
  • Toilet
  • Camp Ground

Harga Tiket Masuk Top Selfie Kragilan :
Rp. 5.000/motor
Rp. 10.000/mobil

Jam Buka :
08:00-17:00 WIB

Akomodasi (Penginapan) 
Belum terdapat penginapan di kawasan wisata Hutan Pinus Magelang ini, sebagai gantinya kamu bisa mencarinya di kawasan wisata Kopeng yang terletak tak jauh dari lokasi wisata Hutan Pinus.



Lokasi :

  • Alamat ; Desa Kragilan, Keponan, Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
  • 23 km dari pusat Kota Magelang melalui Jl. Boyolali – Magelang (41 menit)
  • 27 km dari pusat Kota Salatiga melalui Jl. Magelang – Salatiga (53 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)


Rute Menuju Hutan Pinus Magelang

Nah, bagi kamu yang ingin menuju ke Top Selfie, terdapat tiga jalur yang bisa kita pilih, diantaranya :

# Jalur Candimulyo (bagi kamu yang berdomisili di Kecamatan Candimulyo dan sekitarnya), pilihlah jalur menuju ke Keponan hingga bertemu pertigaan arah Kopeng dan Ketep, kalian bisa memilih arah menuju Kopeng, gapura Top Selfie berada di kiri jalan.

# Jalur Muntilan/Ketep Pass (bagi kamu yang berdomisili di Boyolali), nah dari Ketep Pass kalian bisa mengambil arah menuju ke Kopeng, kira-kira 4 km dari Ketep maka kalian akan menemukan sebuah gapura sederhana bertuliskan Top Selfie disebelah kiri.

# Jalur Kopeng (bagi kamu yang berdomisili di Semarang dan Salatiga), berkebalikan dengan jalur muntilan, kalian bisa mengambil arah menuju ke Ketep Pass, gapura Top Selfie berada di kanan jalan sebelum Ketep Pass, jadi jangan sampai terlewat.


foto hammock di top selfie 
pakai hammock biar tambah seru. foto : nigel_boby


Tips Saat Berlibur Ke Top Selfie Kragilan :

  • datanglah saat pagi atau sore hari karena sinar matahari tidak terlalu terik, walaupun tertutup oleh rimbunnya pohon pinus tapi saat siang tetap saja sedikit terasa panas, namun bagi kamu yang sedang hunting foto, kamu bisa datang saat siang untuk mendapatkan foto landscape keren, yaitu Ray Of Light.
  • jangan membuang sampah sembarangan dan jangan melakukan vandalisme.
  • lokasi ini sangat cocok untuk berwisata bersama pasangan dan keluarga saat akhir pekan atau hari libur.
  • disarankan untuk menggunakan motor daripada mobil, karena jalan yang harus dilalui cukup kecil dan di beberapa bagiannya rusak.




Wisata Terdekat Dari Top Selfie Hutan Pinus Magelang :

Ketep Pass (10 menit)
Ketep Pass merupakan tempat wisata paling populer di Magelang, Ketep Pass menawarkan pemandangan alam Kabupaten Magelang yang terlihat sangat mempesona dengan Gunung Merbabu dan Merapi disekitarnya.

Gunung Merbabu
Gunung Merbabu adalah gunung terindah di Jawa Tengah, gunung ini memiliki banyak jalur pendakian, salah satu jalur pendakian yang terletak tak jauh dari lokasi Hutan Pinus Magelang ini adalah jalur pendakian via Suwanting yang terkenal memiliki pemandangan padang savananya.

Kopeng (25 menit)
Objek wisata Kopeng terletak di Kabupaten Salatiga, Kopeng merupakan tempat wisata keluarga yang sangat sayang untuk dilewatkan, tempat wisata ini terletak di lereng Gunung Merbabu, menjadikan udara di kawasan tersebut cukup sejuk.



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »