Skip to main content

15+ Tempat Wisata di Bali Paling Recommended

Bali, sebuah provinsi di timur Indonesia yang sudah terkenal hingga mancanegara karena pesona keindahan alam dan budayanya ini menyimpan banyak sekali tempat wisata menarik yang wajib kita kunjungi.

Bali memang layaknya sebuah pulau yang dibuat khusus untuk wisata, di pulau Dewata terdapat beraneka ragam jenis wisata menarik yang bisa kita coba, mulai dari wisata sejarah, kuliner, alam hingga religi semua ada di pulau tersebut, nah bagi kamu yang bingung ketika berencana berlibur ke Bali, dibawah ini merupakan daftar rekomendasi tempat wisata wajib di Bali, yuk kita simak.


Objek Wisata Pantai Kuta

foto surfing di pantai kuta bali 
surfing di pantai kuta. foto : everydayimpaddling


Siapa sih yang tidak tahu dengan Pantai Kuta? inilah pantai paling terkenal dan populer di Bali, wisata Pantai Kuta terkenal dengan keindahannya, pantai ini menjadi tujuan wisata utama para pengunjung baik wisatawan lokal maupun mancangegara.

letaknya yang strategis menjadikan tempat wisata Bali ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, selain itu ada banyak kegiatan seru yang bisa kita lakukan di Pantai Kuta Bali, mulai dari bermain voli pantai, sepak bola, berjemur, bersantai hingga surfing.

Pantai Kuta Bali memang sudah sangat terkenal sebagai spot surfing favorit, setiap harinya Pantai Kuta tak pernah sepi dari peselancar yang penasaran dengan ombak di Pantai Kuta, tak hanya itu saja, selain sebagai spot surfing ternyata Pantai Kuta juga menjadi spot keren untuk melihat sunset di Bali loh.

Keindahan matahari terbenam di tempat wisata Bali satu ini memang tidak perlu diragukan lagi, fakta unik sebelum Pantai Kuta menjadi tempat wisata wajib dikunjungi seperti sekarang adalah pada zaman dahulu tempat wisata Pantai Kuta merupakan sebuah pelabuhan besar yang menjadi pusat perdagangan di Bali loh







Objek Wisata Pantai Sanur

foto sunrise romantis di pantai sanur bali 
sunrise di pantai sanur. foto : sofeeyah23

Sebelumnya kita sudah melihat Pantai Kuta, sebuah tempat wisata paling populer dan menarik di Bali sebagai lokasi surfing dan melihat sunset, nah berkebalikan dengan Pantai Kuta, tempat wisata satu ini menawarkan keindahan matahari terbitnya.

Ya, Pantai Sanur merupakan spot paling populer di Bali untuk melihat keindahan sunrise dari pinggir pantai, jadi jika kamu ingin berburu sunrise di Bali, maka Pantai Sanur harus menjadi wisata wajib dikunjungi.

Tempat wisata Pantai Sanur memiliki karakteristik pasir putih dengan ombak yang cukup tenang, jadi tidak cocok untuk kegiatan surfing, melainkan wisata Pantai Sanur sangat cocok untuk bersantai bersama pasangan, teman ataupun keluarga sambil melihat pemandangan di pinggir pantai.








Objek Wisata Pura Tanah Lot

foto pemandangan di pura tanah lot 
pemandangan pura tanah lot. foto : be_love_in

Tanah Lot merupakan tempat wisata wajib dikunjungi selanjutnya di Bali, Tanah Lot adalah sebuah Pura yang sangat populer karena lokasinya cukup unik dan berbeda, Pura Tanah Lot terletak diatas tebing dipinggir laut.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke wisata Tanah Lot adalah saat air laut sedang surut, sebab ketika air laut sedang pasang maka kita tidak bisa mendekat ke kawasan Pura karena jalur menuju kesana tertutup oleh air.

Uniknya lagi, tepat dibawah pulau karang yang menyangga Pura terdapat sebuah goa, dan menurut informasi goa tersebut dihuni oleh ular-ular laut yang sudah berusia ratusan tahun, menurut cerita ular-ular tersebut merupakan penjaga dari Pura Tanah Lot.








Objek Wisata Tanjung Benoa

foto seawalker di tanjung benoa bali 
seawalker di tanjung benoa. foto : larsmuch

Nah, bagi kamu yang menyukai olahraga air, di Bali terdapat tempat yang sangat cocok kamu kunjungi, yaitu Tanjung Benoa, di tempat wisata Tanjung Benoa terdapat banyak sekali wahana seru yang bisa kita coba, seperti seawalker, jetsky hingga banana boat.

Bukan hanya itu, Tanjung Benoa termasuk tempat wisata wajib dikunjungi sebab tak jauh dari lokasi wisata terdapat sebuah pulau bernama Pulau Penyu, di Pulau Penyu tersebut kita bisa melihat konservasi penyu mulai dari masih menjadi tukik hingga sudah dewasa.






Objek Wisata Pura Uluwatu

foto sunrise di pura uluwatu bali 
sunrise di pura uluwatu. foto : bebedh

Jika kamu mencari wisata Pura unik di Bali selain Tanah Lot, Pura Uluwatu bisa menjadi pilihanmu, Pura Uluwatu terletak di atas tebing yang menjorok ke laut dengan ketinggian kurang lebih 97 meter, objek wisata ini juga terkenal dengan keindahan sunsetnya lho, pemandangan matahari terbenam di Pura Uluwatu tak perlu diragukan lagi, selain itu kita juga bisa menonton tari kecak khas bali yang biasanya dimainkan oleh lebih dari 20 orang.

Menonton tari kecak dengan latar belakang sunset menjadi sajian favorit di tempat wisata Pura Uluwatu, untuk masuk ke kawasan wisat Pura Uluwatu kita diwajibkan menggunakan sarung atau kain, bagi kamu yang tidak membawanya, tenang, disana sudah terdapat tempat penyewaan kain (kaben) yang bisa kita sewa.





Objek Wisata Pantai Lovina

foto lumba lumba di pantai lovina 
lumba lumba di pantai lovina. foto : jennygohjenny


Inilah salah satu pantai unik di Bali, berbeda dengan kebanyakan pantai di pulau bali yang memiliki pasir putih bersih, pantai Lovina malah memiliki pasir berwarna hitam, uniknya lagi kenapa Pantai lovina termasuk wisata wajib dikunjungi di Bali sebab disini kita bisa melihat lumba lumba liar lho, bukan di kolam renang atau tempat penangkaran, melainkan di laut lepas.

Untuk melihat lumba lumba tersebut, kita harus datang lebih pagi, karena biasanya lumba lumba muncul sekitar jam 5-9 pagi, kita akan diajak naik perahu menuju ke tengah laut bersama wisatawan lainnya menuju lokasi biasa lumba-lumba muncul, yang perlu diingat, tidak ada jaminan jika kita 100% bisa melihat lumba lumba tersebut.

Semua itu ditentukan oleh faktor cuaca, namun sebagian besar wisatawan mengaku jika mereka berhasil melihat lumba lumba, jadi pilihlah waktu yang tepat jika ingin melihat lumba lumba di Pantai Lovina ya.





Objek Wisata Pantai Padang Padang

foto pemandangan pantai padang padang bali 
pemandangan dari ketinggian. foto : charlottenic

Apa kamu pernah menonton film hollywood yang dibintangi oleh Julia Robert berjudul Eat, Pray, Love ? jika pernah, tentunya kamu tahu bila pulau bali menjadi salah satu tempat yang digunakan untuk shooting film tersebut, tepatnya di Ubud.

Nah, selain di ubud, salah satu tempat yang digunakan untuk pengambilan gambar film tersebut adalah di Pantai Padang Padang, walaupun wisata Pantai Padang Padang tidak terlalu populer dikalangan wisatawan, namun ternyata objek wisata ini menyimpan keindahan yang sangat mempesona lho, tak heran jika sutradara film Eat, Pray, Love memilih Pantai Padang Padang sebagai lokasinya.

Pantai Padang Padang adalah pantai kecil yang tersembunyi dibalik sebuah tebing di kawasan Pecatu, dekat Uluwatu. Untuk bisa mencapai Pantai Padang Padang, kita harus melewati sebuah tangga yang membelah tebing.






Objek Wisata Pantai Dreamland

foto suasana di pantai dreamland bali 
suasana di pantai dreamland. foto : shatalovesasha

Pantai Dreamland adalah tempat wisata rekomended lainnya di Bali, tempat wisata Pantai Dreamland menawarkan pemandangan indahnya pasir putih dan birunya laut lepas, Pantai Dreamland memang tidak terlalu luas tapi memiliki daya tarik yang sangat memikat hati.

Selain itu, wisata Pantai Dreamland juga memiliki ombak yang cukup besar sehingga sangat cocok untuk kegiatan surfing, tak jarang pula para pecinta surfing menyebut Pantai Dreamland dengan julukan "New Kuta", kini objek wisata satu ini menjadi spot surfing baru di Bali.





Ubud

foto sawah terasering di ubud 
sawah terasering khas ubud. foto : marilena1708

Nah, bagi kamu yang mencari suasana berbeda di Bali, Ubud bisa menjadi tujuanmu, Ubud merupakan sebuah daerah di Bali yang terkenal dengan pemandangan alamnya, Ubud lebih terkenal sebagai wisata untuk bersantai bagi orang yang tidak menyukai keramaian.

Salah satu pemandangan di Ubud yang menjadikan daerah ini wajib dikunjungi adalah view sawah teraseringnya yang sangat unik dan terlihat artistik, tak jarang pula wisatawan mancanegara tertarik untuk berkunjung ke Ubud karena keunikannya ini.





Objek Wisata Pura Besakih

foto pura besakih bali 
pemandangan pura besakih. foto : rehanr_

Pura Besakih merupakan komplek pura terbesar dan salah satu yang tertua di bali, di komplek Pura Besakih terdapat satu pura utama dan 18 pura pendamping, tak hanya itu Pura Besakih menjadi pusat dari kegiatan seluruh Pura di Bali, oleh sebab itu Pura Besakih tak boleh kamu lewatkan ketika sedang berlibur di Bali

Pura Besakih terletak di dataran tinggi sehingga udara di kawasan wisata tersebut cukup sejuk dan segar, Pura Besakih dibangun dengan konsep keseimbangan Tuhan, manusia, dan alam atau sering disebut dengan sebutan Tri Hita Karana.






Objek Wisata Pantai Jimbaran

foto suasana di pantai jimbaran 
senja di pantai jimbaran. foto : tomokawaiman

Bagi kamu yang sedang mencari tempat wisata romantis di Bali, cobalah datang ke Pantai Jimbaran, Pantai Jimbaran terkenal dengan seafoodnya yang lezat, di sepanjang Pantai Jimbaran terdapat banyak sekali restoran seafood dengan beraneka ragam harga.

Biasanya wisata Pantai Jimbaran mulai ramai ketika sore hari, saat sore datang, restoran-restoran di pinggir pantai akan menata kursi dan mejanya lebih dekat dengan pantai agar pengunjung juga dapat melihat keindahan Pantai Jimbaran, sebab pemandangan sunset di Pantai Jimbaran tak kalah indah lho dengan di tempat wisata lainnya.







Objek Wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK)

foto patung garuda di gwk 
patung garuda di kawasan gwk. foto : silviassulaeman

GWK merupakan sebuah taman wisata budaya di Bali, tempat wisata ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai wisata sejarah dan budaya, di kawasan GWK terdapat sebuah patung dewa wisnu yang cukup besar.

di area wisata GWK sendiri terdapat beberapa tempat menarik, seperti:
wisnu plaza
lotus pond
teater jalanan
Indraloka taman
ampiteater
tirta besar

Selain patung, anda juga dapat melihat keindahan bukit kapur yang di potong menjadi balok-balok kapur besar.






Objek Wisata Pura Goa Lawah

foto pura goa lawah di bali 
goa lawah bali. foto : tripetea

Inilah Pura unik di Bali selanjutnya, Pura Goa Lawah merupaakn salah satu Pura suci di Bali yang juga dikunakan sebagai tempat wisata, di kawasan wisata Goa Lawah kita akan menemukan sebuah goa dimana dialam goa tersebut dihuni ribuan kelelawar.

Yang perlu diingat, saat kamu berada di depan mulut goa, maka bau pesing dari kotoran kelelawar akan sedikit tercium, tapi jaga kesopanan saat kamu berada di area pura ya.





Objek Wisata Gunung Batur

foto sunrise di gunung batur bali 
sunrise dan awan dari gunung batur. foto : fogi19

Wisata wajib dikunjungi di Bali selanjutnya adalah Gunung Batur, Gunung Batur memiliki ketinggian 1.717 MDPL, walaupun tak terlalu tinggi tapi Gunung Batur merupakan gunung tertinggi kedua di Bali setelah Gunung Agung lho.

gunung batur yang masih termasuk dalam kawasan geo park ini menawarkan pemandangan indah dari puncaknya, dari puncak kita bisa melihat keindahan danau batur yang merupakan danau terbesar bali.

salah satu hal unik yang dapat kita lakukan di gunung batur adalah, sesampainya di puncak kita bisa memasak telur mentah dengan cara mengubur telur tersebut di tanah, pertama, kita harus mencari tanah yang mengeluarka asap dulu, lalu kuburlah telur tersebut kedalam tanah dan tunggu beberapa menit hingga dirasa sudah matang.

hal ini disebabkan karena Gunung Batur merupakan gunung berapi aktif di Bali, tapi tenang, gunung ini sudah lama tidak meletus, jadi cukup aman untuk kita.






Objek Wisata Pantai Pandawa

foto bermain kano di pantai pandawa 
serunya bermain kano. foto : tonyjoelkojansow


Sama halnya dengan kebanyakan pantai di bali yang memiliki pasir putih bersih, namun hal yang membedakan pantai pandawa dengan kebanyakan pantai lainnya adalah, disini kita bisa bermain kano.

Pantai pandawa juga punya sebutan lain, yaitu secret beach karea lokasinya yang tersembunyi dibalik tebing tebing besar, perjalanan menuju lokasi kita akan ditawakan pemandangan tebing besar di sisi jalan, namun sesampainya di pantai, kamu akan terkagum dengan keindahan pantai pandawa ini.

Nah, itulah beberapa tempat menarik di pulau bali yang bisa kamu kunjungi, apabila kamu memiliki info lain tentang tempat wisata menarik di pulau bali, ayo beritahu kami di kolom komentar.


Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar