Skip to main content

Punya produk atau jasa? iklankan di Brobali saja, MURAH loh!, cek contohnya disini. Lihat Syaratnya disini

×

Museum Kereta Api Ambarawa | HTM, Jam Buka, Rute, Lokasi, Terbaru 2020

museum kereta api ambarawa

Updated - Bagi sebagian traveler, wisata sejarah merupakan salah satu jenis wisata yang cukup menyenangkan, karena selain berlibur kita juga mendapatkan banyak pengetahuan mengenai sejarah zaman dahulu.

Nah, di Kabupaten Semarang, tepatnya di Ambarawa terdapat sebuah Museum yang sudah sangat populer, yaitu Museum Kereta Api Ambarawa, Museum ini merupakan salah satu Museum Kereta Api di Jawa Tengah yang menjadi tempat tujuan wisata favorit bagi para pelajar dan mahasiswa.




Apa yang Menarik di Museum Kereta Api Ambarawa ?

Awalnya Museum Kereta Api Ambarawa merupakan sebuah stasiun kereta zaman dahulu, namun karena sebagian jalurnya sudah tidak beroperasi lagi, jadi tempat tersebut dialih fungsikan menjadi Museum.

Di kawasan Museum Kereta Api Ambarawa kita dapat menemukan banyak koleksi lokomotif uap yang pernah berjaya di zamannya.

Beberapa lokomotif yang cukup populer adalah lokomotif bernomor B 2502 dan B 2503 buatan Maschinenfabrik Esslingen, serta B 5112 buatan Hannoversche Maschinenbau AG.

foto koleksi di museum kereta api ambarawa
lokomotif nomor D 5106 di museum kereta api ambarawa. foto : @kyuhyunbae8896

Kereta api uap tersebut cukup unik karena termasuk 1 dalam 3 kereta api uap bergerigi yang tersisa di dunia, dua diantarnya berada di Swiss dan India.

Tak hanya itu saja, di Museum Kereta Api Ambarawa masih terdapat berbagai macam jenis lokomotif uap lainnya.

Mulai dari seri B, C, D hingga jenis yang paling besar, yaitu CC (CC 5029, Schweizerische Lokomotiv und Maschinenfabrik/Swiss Locomotive and Machine Works) yang terpajang di halaman Museum.

Dengan banyaknya koleksi lokomotif tua di Museum Kereta Api Ambarawa, menjadikan tempat wisata Semarang satu ini banyak diminati oleh para pelajar dan wisatawan umum yang ingin mengetahui lebih jauh tentang sejarah kereta api uap.

Terlepas dari itu, Museum Kereta Api Ambarawa juga bisa menjadi lokasi keren untuk hunting foto loh.

spot foto museum kereta api
salah satu spot foto favorit. foto IG @sondyrizt10

Selain koleksi lokomotif, di Museum Kereta Api Ambarawa kita juga dapat menemukan barang-barang lain yang berhubungan dengan kegiatan di stasiun, seperti mesin pencetak tiket, kalkulator zaman dahulu hingga roda kereta.

roda kereta api
roda kereta. foto IG @nuandoz

Puas melihat-lihat koleksi di Museum Kereta Api Ambarawa, kini saatnya kamu mencoba kegiatan lain yang lebih seru, yaitu Ambarawa Railway Mountain Tour, atau berpetualang dengan naik kereta api uap.

Jadi selain berkeliling di dalam Museum kita juga bisa berjalan-jalan menggunakan kereta api uap dengan jalur Ambarawa – Bedono pp (pulang pergi) dan Ambarawa – Tuntang pp.

Atau kita juga bisa naik kereta lori dengan jalur Ambarawa – Tuntang pp, sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat cantik dengan samar-samar Gunung Merbabu, Telomoyo dan Ungaran yang terlihat gagah berdiri dan hijaunya persawahan masyarakat sekitar.

Uniknya lagi, dalam perjalanan ini kita akan menggunakan jalur kereta api bergerigi yang hanya bisa ditemukan disini saja. Perbedaan rel bergerigi dengan rel biasa adalah pada tengahnya, yaitu terdapat jalur khusus bergerigi yang memang diperuntukkan bagi Kereta Api zaman dahulu.

Tour kereta api milik Museum Kereta Api Ambarawa ini memiliki jarak sekitar 35 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam untuk jalur Ambarawa – Bedono, sedangkan untuk jalur Ambarawa – Tuntang hanya memiliki jarak kurang lebih 7 km saja.

kereta tua di museum ambarawa
tour kereta tua ambarawa-tuntang. foto : @johanjacob_oki

Ambarawa Railway Mountain Tour ini sangat disukai oleh wisatawan mancanegara, para bule tersebut sangat tertarik untuk merasakan sensasi naik kereta api zaman dahulu walaupun harus menunggu selama kurang lebih 3 jam untuk memanasi mesin keretanya, dan uniknya lagi bahan bakar kereta api bergerigi di Museum Kereta Api Ambarawa ini adalah kayu jati loh.

Nah, tips agar kamu tidak perlu menunggu selama 3 jam, kamu bisa memesan (booking) beberapa hari sebelum kamu memutuskan untuk mengikuti tour kereta api uap ini, dengan cara mengontak nomor di bawah.

Oh iya, disini juga ada perpustakaannya loh. Perpustakaan di Museum Kereta Api ini dibuat di dalam salah satu gerbong kereta, memang tidak terlalu luas namun suasananya terlihat nyaman untuk membaca.

Puas berkeliling di Museum, sebelum pulang sempatkanlah mampir di toko-toko sekitar Museum, disitu kita bisa membeli oleh-oleh khas Museum Kereta Api Ambarawa seperti miniatur kereta dan apapun yang berhubungan dengan kereta api.

stasiun museum kereta api ambarawa
lorong di museum kereta api. foto : @jepratjepret_by_kerigit





Sejarah Museum Kereta Api Ambara

Pada zaman penjajahan kolonial Belanda, Ambarawa merupakan kota yang dijadikan pangkalan militer bagi Pemerintah Belanda.

Lalu atas perintah dari Raja Willem I, pada tahun 1873 dibangunlah sebuah stasiun kereta api di Ambarawa agar Pemerintah Belanda lebih mudah mengangkut tentara dan persenjataan dari Ambarawa ke Semarang dan sebaliknya.

Jadi, kapan kamu berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa ?

baca juga :
daftar tempat wisata romantis di Semarang



FASILITAS
Musholla
Toilet
Tempat Parkir
Toko Souvenir
Perpustakaan
Warung Makan
Tour Kereta
Pusat Informasi
Ruang Pameran
Dan masih banyak lagi


Harga Tiket Masuk Museum Kereta Api Ambarawa (HTM):

Tiket masuk di Museum Kereta masih cukup murah kok, kita hanya perlu membayar Rp. 10.000/orang saja.

FYI nih guys, parkir disini dihitung per-jam, 1 jamnya untuk motor Rp.3.000, sedangkan mobil Rp.5.000


Tiket Kereta Lori :
Rp. 15.000/orang

Tiket Kereta Api Tour Ambarawa-Tuntang :
Rp. 50.000/orang
*3 tahun keatas wajib membeli tiket

INFO HTM
Retribusi Rp.10.000
Parkir Motor Rp.3.000/Jam
Parkir Mobil Rp.5.000/Jam
Tour Kereta Rp.50.000/Orang
Kereta Lori Rp.15.000/Orang


Jadwal Keberangkatan Kereta Api Tour Ambarawa-Tuntang :
09:30 WIB | 10:30 WIB | | 12:30 WIB | 14:00 WIB
(jadwal kereta berubah-ubah, bisa kamu lihat saat membeli tiket masuknya)


Kontak :
0298 591035

Jam Buka :
Museum Kereta buka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 17:00 WIB




Lokasi Museum Kereta Ambarawa :

Museum Kereta Api ini terletak di Jalan Stasiun No.1, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.
  • 41 Km dari pusat Kota Semarang melalui Jl. Tembalang-Ungaran dan Ungaran-Bawen (53 menit)
  • 47 Km dari Bandara Ahmad Yani melalui Jl. Semarang-Surakarta (1 jam)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Rute Menuju Museum Kereta Api Ambarawa 

#Dari Semarang
Akses menuju Museum Kereta Api Ambarawa sangatlah mudah, dari pusat Kota Semarang kamu tinggal menuju kearah Ungaran hingga sampai di pertigaan Bawen, dari pertigaan silahkan belok ke kanan (arah Ambarawa) menuju Tugu Palagan Ambarawa.

Di pertigaan Tugu (Monumen) Palagan kamu belok kiri lalu ikuti saja jalan utama hingga sampai di lokasi. Museum Kereta Api Ambarawa tak jauh dari Tugu Palagan Ambarawa (kanan jalan sebelum rel kereta).

#Dari Jogja
Jika kamu dari Jogja, kamu tinggal menuju kearah Semarang saja hingga sampai di Tugu (Monumen) Palagan Ambarawa, lokasi Museum hanya berjarak beberapa menit dari Tugu dan sudah terdapat petunjuk jalan.

#Dari Solo, Boyolali, Salatiga dan Magelang
Sedangkan apabila kamu dari Solo kamu bisa melewati jalur Salatiga-Tuntang, setelah melewati jembatan Tuntang silahkan belok kiri menuju Ambarawa sampai kamu menemukan Tugu Palagan dan ikuti rute seperti diatas.

#Dari Purwodadi Grobogan
Apabila kamu berdomisili di Purwodadi dan sekitarnya, kamu bisa mengikuti rute Purwodadi-Gubug-Kedung Jati-Tuntang. Tepat di Polsek Tuntang (Pertigaan jalan besar) silahkan belok ke kanan menuju arah Bawen, setelah kamu sampai di pertigaan Bawen silahkan belok kiri menuju Ambarawa dan ikuti petunjuk seperti diatas.

Atau kamu bisa melihat di Google Maps.




Tips Berlibur ke Museum Kereta Api Ambarawa :

  • Sangat cocok untuk hunting foto dan sarana edukasi anak sambil berwisata.
  • Bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum, namun lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.
  • Jangan merusak properti Museum dan membuang sampah sembarangan.
  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa adalah di hari biasa (senin-jumat).
  • Tiket kereta api tua hanya ada di akhir pekan dan hari libur besar saja.
  • Jika kamu berniat ingin naik kereta tua, datanglah lebih awal agar tidak kehabisan tiket.




Wisata Terdekat dari Museum Kereta Api Ambarawa (-1 Jam):

Eling Bening (12 menit)
Sebuah tempat wisata dengan konsep yang cukup unik, Eling Bening menawarkan pemandangan luasnya Rawa Pening dengan background Gunung Merbabu, di objek wisata ini juga terdapat banyak spot keren untuk berfoto.

Rawa Pening (10 menit)
Danau paling populer di Kabupaten Semarang, di Rawa Pening kita bisa berkeliling danau menggunakan perahu, selain itu kita juga bisa melihat masyarakat sekitar yang sedang mencari enceng gondok.

Cimory Semarang (17 menit)
Cimory Semarang merupakan salah satu tempat wisata keluarga yang sangat direkomendasikan di Semarang karena Cimory Semarang mengusung konsep Restoran, Shop, Factory dan Playground yang akan menambah wawasan anak-anak.

Goa Rong (26 menit)
Sebuah tempat wisata yang memiliki pemandangan hampir sama dengan Eling Bening, kelebihan Goa Rong daripada Eling Bening adalah terdapatnya goa di kawasan wisata ini yang bisa kita kunjungi.

Wisata Lereng Kelir (20 menit)
Wisata Lereng Kelir merupakan sebuah gardu pandang yang terletak di lereng Gunung Kelir, wisata ini menawarkan pemandangan alam yang tak kalah indah dengan wisata sejenisnya di Ambarawa dan sekitarnya

Kampung Kopi Banaran (15 menit)
Kampung Kopi Banaran merupakan salah satu wisata keluarga yang cukup direkomendasikan karena disini kita dapat berwisata sekaligus belajar tentang tanaman-tanaman.

Saloka Fun Park (18 menit)
Saloka Park adalah taman bermain outdoor terbesar di Semarang sejauh ini. Ada banyak wahana yang dapat kita coba, seperti bianglala, rumah hantu hingga roller coaster.

Bukit Cinta (13 menit)
Sesuai namanya, Bukit Cinta adalah salah satu wisata romantis di Kabupaten Semarang yang harus kamu kunjungi. Diaini kita bisa bersantai, jalan-jalan, hingga berkeliling Rawa Pening menggunakan perahu.

*Untuk info lengkapnya kamu bisa klik salah satu nama wisata di atas.

sumber foto header:akun IG @sukadolan

Ingin bertanya atau sekedar menyapa? Temukan kami di..

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar